29.3.20

Berhati - hati bukan berarti takut terhadap Corona


 
Oleh Fadilaturochman Tririzki Permana
NIM. 183104101189
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Coronavirus Diseas 2019 atau yang disingkat COVID19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2). virus yang berasal dari wuhan, tiongkok yang ditemukan sekitar bulan desember 2019 cepat menyebar di berbagai negara tidak terkecuali Indonesia. Berbagai negara melakukan tindakan pencegahan dan penangan pada korban berharap virus ini tidak meluas dan berhenti penularannya, meskipun saat ini masih banyak pasien yang terjangkit virus tersebut dan terus bertambah.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak penduduk pasti akan mendapatkan dampak yang sangat besar akibat dari penyebaran virus ini, dengan adanya korban yang berjatuhan yang semakin meningkat setiap hari. Belum lagi isu tentang para perantau yang pulang kedaerah asalnya yang dicurigai membawa virus tersebut, sehingga muncul himbauan untuk menunda kepulangan atau membatalkan kepulangan bagi para perantau tersebut. Wabah ini memberikan berbagai macam dampak bagi masyarakat  Indonesia dari dampak secara psikologis seperti kecemasan dan ketakutan, ekonomi terutama pada sisi produksi dan lain sebagainya.
Bagi masyarakat yang masih awam, penyebaran corona merupakan suatu kondisi yang membuat keresahan, karena pengetahuan yang kurang tentang gejala gejala yang ada. Adapun gejala- gejala yang terjadi pada anamnesis gejala yang dapat ditemukan yaitu, tiga gejala utama: demam, batuk kering (sebagian kecil berdahak) dan sulit bernapas atau sesak menurut yuliana (dalam jurnal Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur .2020).
Untuk pencegahan dalam penyebaran corona sendiri sebenarnya cukup mudah yaitu dapet dilakukan dengan cara – cara seperti cuci tangan sesering mungkin, terapkan social distancing, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, lakukan aturan bersin yang benar, jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah berobat. sehingga akan mengurangi tingkat penyebaran virus itu sendiri kepada lingkungan sekitar kita.
Ketakutan adalah sesuatu yang wajar bagi kita semua, namun dengan berhati - hati dalam melakukan segala tindakan akan membuat kita terhindar dari segala masalah, mencari sumber yang terpercaya dan tidak percaya dengan berita tanpa kita saring terlebih dahulu. Begitu juga dengan wabah corona selama kita berhati – hati dan mengikuti prosedur, maka kita akan terhindar dari hal – hal yang tidak kita inginkan. Tetap berhati – hati jangan sampai tertular oleh orang lain atau menularkan kepada orang lain.

Referensi:
Yuliana. 2020. Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur . Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Volume 2, Nomor 1. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026 diakses pada jumat 27 maret 2020 pukul 10.45 WIB



0 komentar:

Posting Komentar