27.3.20

bekerja dari rumah di tengah pandemi Covid-19


BEKERJA DARI RUMAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19





Hesmi nurhidayatun
Mata kuliah : psikologi abnormal
Dosen pengampu : Fx Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A

Corona virus 19 atau Covid-19 pertama kali di deteksi berasal dari kota Wuhan Provinsi Hubei Tiongkok pada bulan desember 2019 lalu. Hingga kini Covid-19 telah menyebar di beberapa negara belahan dunia termasuk indonesia, corona virus atau Covid-19 ini menyebar melalui percikan pernapasan seperti batuk,bersin.

Covid-19 dapat menyebar akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah seseorang, gejala yang muncul apabila terinfeksi Covid-19 diantaranya seperti demam,batuk,dan juga sesak nafas. Di lansir dari CNN Indonesia bahwa hingga tanggal 26 maret 2019 jumlah pasien yang positif terinveksi virus corona sebanyak 893 orang, dari jumlah tersebut korban yang meninggal mencapai 78 orang dan 35 orang sembuh.

Seiring dengan meluasnya wabah virus corona ini pemerintah menghimbau untuk menerapkan sistem WFH atau bekerja dari rumah terhadap karyawan sementar waktu hingga keadaan kembali normal. Dengan adanya sistem wfh bagi karyawan memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Kelebihan wfh sendiri diantaranya :
1.    Lebih fleksibel tempat dan waktu yang terpenting karyawan bisa bertanggung jawab  dengan pekerjaannya.
2.    Lebih dekat dengan keluarga bagi sebagian karyawan yang sudah berkeluarga dengan adanya wfh dapat menambah waktu bersama keluarga
Namun disisi kelebihan work from home juga memiliki sisi kekurangannya
1.    Dengan adanya wfh komunikasi dengan perusahaan terganggu sehingga menyebabkan miskom
2.    Biaya operasional rumah meningkat  seperti listrik dan internet.

Sehingga di harapkan meskipun pemerintah telah menerapkan sistem wfh bagi karyawan perusahaan juga menuntut agar karyawan tetap produktif selama berlakunya sistem wfh dari pemerintah.


Referensi
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200326110047-20-486984/update-corona-26-maret-893-kasus-78-meninggal-35-sembuh

diakses pada tanggal 26 maret 2020.



0 comments:

Post a Comment