24.3.20

Bank Sampah Sawo Kecik Yogyakarta


 BANK SAMPAH SAWO KECIK




Disusun oleh: hesmi nurhidayatun
mata kuliah; psikologi lingkungan
Dosen pengampu : arundati shinta

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah.Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan .Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Bank sampah didirikan karena adanya penumpukan sampah yang semakin lama semakin banyak di lingkungan masyarakat,sampah sampah yang menumpuk di pemukiman dapat menimbulkan masalah seperti pencemaran udara karena bau yang di timbulkan oleh penumpukan sampah.

Pendirian bank sampah ini selain untuk mengurangi jumlah sampah yang berlebih juga memiliki tujuan diantaranya agar lingkungan menjadi lebih bersih,sehat dan rapi. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

Manfaat dari adanya bank sampah ini adalah untuk  menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki.masyarakat atau warga yang menabung di bank sampah dapat sewaktu waktu menukarkan uang pada tabungannya.

Untuk bergabung menjadi nasabah baru di bank sampah sawo kecik caranya cukup mudah bagi calon nasabah baru bias langsung dating setiap hari sabtu sore pukul 16.00 wib, calon nasabah bias langsung membawa sampah yang akan ditimbang kemudian didata seperti nama dan alamat tempat tinggal untuk di berikan buku bank sampah sawo kecik.

Bank sampah sawo kecik berlamat di wedomartani  rt 15 rw 63 perum candi gebang jetis ngemplak sleman Yogyakarta, bank sampah sawo kecik ini adalah salah satu bank sampah di bawah naungan PT UNILEVER yang berdiri dari tahun 2015, bank sampah sawo kecik saat ini memiliki lebih dari 110 nasabah yang di ketuai oleh Heri Astuti.


Referensi


0 comments:

Post a Comment