6.2.20

INGIN CAPAI S.PSI. DALAM WAKTU 7 SEMESTER DAN BERSTATUS CUMLAUDE?

USAHA TIDAK PERNAH MENGKHIANATI HASL

Ningnurani
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Ningnurani

Tanyakan dulu perjuangannya, sebelum kau tanya keindahan wisudanya. Itulah kutipan kata-kata pemacu semangat saya yang ditulis oleh dosen Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta, yang juga alumni Fakultas Psikologi UP 45 Yogyakarta  yakni ibu Ir. Dian Yudhawati, S.Psi., M.Si., M.Psi. Beliau seorang motivator tiada duanya.

Banyak makna yang tersirat dari ungkapan beliau. Menjadi mahasiswa yang lulus pendadaran dan berhak menyandang gelar S.Psi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, akan tetapi juga tidak sulit untuk diraih. 

Ketekunan, semangat, dan motivasi adalah kunci meraih sukses untuk mendapat gelar S.Psi. Saat pertama kali masuk di fakultas psikologi, penulis mempunyai komitmen untuk mampu lulus dalam waktu 3,5 tahun. Tidak mudah memang untuk merealisasikan hal tersebut. Karena dari semester ke semester yang dihadapi sangatlah berat. Konflik diri penulis sendiri dengan dirinya, konflik dengan keluarga,  anak-anaknya, lingkungannya, tempat kerjanya, bahkan teman-teman seangkatan, dan juga dengan para dosen.

Penulis menyadari dalam mengapai mimpi tidak seindah yang dibayangkan, penulis pernah merasa sangat putus asa ketika mendapat nilai yang tidak sesuai dengan harapan. Penulis merasa saat itu semua hasil perjuangan dalam menuntut ilmu pudar dan melemahkan semangat. Penulis juga pernah berada dalam titik dimana merasa sendiri, di jauhi teman-teman, dan semua yang penulis lakukan banyak mendapat kritik dan juga kata-kata yang sungguh tidak indah untuk di dengar. 

Tetapi penulis kembali lagi ingat akan sebuah komitmen awal bahwa akan menyelesaikan kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Penulis kembali sadar bagaimana perjuangan selama kuliah, yang telah menyita waktu dengan keluarga, banyak mengeluarkan uang, panas, hujan, rasa lelah dari hari ke hari selama 3,5 tahun.

Perjuangan untuk mengapai S.Psi itu sangat melelahkan, kita harus menjadi mahasiswa yang selalu aktif, tidak hanya mengandalkan dosen sebagai sumber ilmu, kita juga harus kreatif. Psikologi berbagi adalah hal yang sering penulis lakukan saat masih berada di semester 1- 5, ikut siaran di radio juga penulis lakukan saat di semester itu, berbagai kegiatan seperti lomba prosiding, lomba karya tulis ilmiah, seminar nasional pernah penulis lakukan di semester tersebut.

Penulis berusaha membuktikan, tercatat sebagai mahasiswa kelas karyawan tapi mampu melakukan kegiatan setara dengan mereka yang kelas reguler. Dedikasi yang tinggi, rasa cinta terhadap ilmu psikologi itulah yang membuat semua keinginan penulis mampu terlaksana.


Pernah penulis merasa di manfaatkan oleh dosen, merasa selalu dibebani dengan berbagai tugas dan penelitian yang berat. Rasa tidak suka dengan dosen merupakan momok yang mengerikan saat menjalani itu semua. Hampir setiap hari di kejar-kejar dosen untuk menulis, melakukan penelitian, ikut seminar, dan hal lainnya yang penulis rasa sangat berat.

2,5 tahun waktu yang penulis habiskan untuk selalu memenuhi apa yang disarankan oleh dosen. Berkutat dengan berbagai buku-buku penunjang yang sebagai referensi, dan berjuang mengalahkan mental untuk sering dikirim dalam acara-acara seminar nasional dan dihadapkan dengan orang-orang hebat di negeri ini.

Memilih kuliah di fakultas psikologi adalah pilihan yang tepat, seperti yang penulis rasakan. Ketika kita dihadapkan dengan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu, kita mampu mensejajarkan diri dengan mereka. Karena di psikologi kita menerima berbagai disiplin ilmu yang bisa kita aplikasikan di berbagai tempat dan keadaan.

Berkat dosen yang selalu memaksa menulis, ikut karya ilmiah, melakukan penelitian, penulis rasakan hikmahnya di saat-saat akhir masa kuliah di fakultas psikologi. Ketika teman-teman bingung menentukan tema untuk seminar proposal, penulis tidak demikian halnya. Penulis sudah siap dengan tema apa yang dipilihnya. Mempersiapkan tema dan judul sudah peneliti lakukan saat masih berada di semester 4 dan keinginan itu terus selalu dimunculkan dan dituliskan serta berkomitmen hanya akan mengambil tema itu. Penulis sangat merasakan besarnya tekanan yang dosen berikan saat semester tersebut ternyata adalah cara dosen menyelamatkan kita dan membimbing kita agar bisa cepat menyelesaikan skripsi di akhir masa kuliah. Karena kita sudah terbiasa dengan hal tersebut, maka skripsi bukanlah hal yang sangat menakutkan untuk kita lakukan.

Ketika mata kuliah skripsi di akhir semester, penulis sudah siap dengan penelitian dan melakukan penelitian. Tentunya apa yang penulis lakukan tidak terlepas dari bimbingan para dosen fakultas psikologi. Tidak ada kata sulit dan enggan melakukan tugas untuk skripsi, karena penulis telah terbiasa melakukan hal itu saat masih berada di semester bawah.

Ketika teman-teman ingin segera menyelesaikan kuliahnya dan meraih gelar S.Psi dengan cepat maka hal yang perlu di lakukan adalah: selalu menjadi pribadi yang disiplin,  tidak takut mencoba, selalu menerima berbagai tugas apapun yang diberikan oleh dosen-dosen, jangan pernah takut untuk selalu aktraktif dan interaktif dengan para dosen, jangan takut bertanya akan hal apapun mengenai tugas ataupun skripsi, selalu dekati dosen,  meminta bimbingannya, menjalin komunikasi dengan teman-teman lintas fakultas, karena banyak informasi yang akan kita peroleh dari mereka. Sering pergi ke perpustakaan, mencari berbagai literasi, sering mengasah kemampuan menulis dengan ikut berbagai karya ilmiah.

Berjuang itu memang melelahkan, malas, penuh rintangan, tidak mudah, maka siapkan diri menjadi pribadi yang kuat, tangguh, bermental baja, pantang menyerah dan jangan pernah takut untuk selalu bertanya agar segala perjuangan kita akan berbuah manis tepat pada waktunya.

"Never Give Up, Reach All Your Dream and Always Be Your Self"



Ucapan terimakasih ;
1. Bp. Fx Wahyu Widiantoro
2. Ib. Dian Yudhawati
3. Ib.  Dewi Handayani
4. Ib. Eni Rohyati
5. Ib. Muslimah Zahro Romas
6. Teman-teman se-angkatan '2016








0 comments:

Post a Comment