3.1.20

MENJADI GURU DAN MAHASISWA



Nama : Yona Sahputri Luspartiwi
NIM : 163104101136
Mata Kuliah : Psikologi Umum 1
Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi.,M.A


Bekerja sebagai seorang guru membutuhkan sebuah keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang. Seperti halnya sebagai Guru Taman Kanak-kanak (TK) yang rata-rata penghasilannya cukup dibilang tidak banyak. Demikian pekerjaan yang saat ini saya tekuni yaitu sebagai seorang guru TK. 
Upaya menjalani pekerjaan ini saya awali dengan merasa tidak mempunyai pengalaman apapun baik mengenai bagaimana caranya menjadi seorang pendidik serta keilmuan yang mmendukung. Saya benar-benar memulai pekerjaan ini dari nol karena saya lulusan SMK.
Hingga saya pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu S1. Selama 4 Tahun sampai saat ini saya pun masih belajar dan terus belajar bagaimana menjadi seorang pendidik. Bekerja sekaligus menjadi mahasiswa tentu banyak rintangannya, susah maupun senang saya lalui hingga sekarang terus berusaha untuk bahagia. 
Saya menjadi salah satu mahasiwa Psikologi di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Saya mendaftar di kelas karyawan agar pagi saya bisa bekerja dan sore hingga malam saya bisa kuliah. Pengalaman saya sangat berat untuk pertama kalinya harus benar - benar bisa membagi waktu untuk kerja dan kuliah. Hingga akhirnya saya juga terbiasa dan menikmati kondisi tersebut. 
Woolfolk (2007) menjelaskan tentang tujuan psikologi pendidikan yaitu untuk memahami dan meningkatkan proses belajar dan pembelajaran. Definisi lain mengatakan bahwa psikologi pendidikan mengembangkan pengetahuan dan metode untuk mempelajari proses belajar mengajar pada situasi keseharian. Pengalaman saya menjadi seorang pendidik dan mahasiswa Psikologi yaitu saya mendapatkan banyak masukan dan pembelajaran mengenai tingkah laku manusia dan perkembangan manusia.
Pembelajaran dan ilmu yang saya dapatkan di kampus ternyata benar-benar dapat saya terapkan di kehidupan sehari-hari dan di tempat saya bekerja. Salah satunya tentang bagaimana mengontrol diri saat  salah satu anak peserta didik yang melakukan sesuatu kesalahan dan diulang-ulang berulang kali. Saya menjadi lebih bisa mengontrol diri saya dan mengontrol anak tesebut. Hasilnya pun berhasil. Kepuasan tersendiri bagi saya dalam mempelajari Ilmu Psikologi karena saya bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari dalam lingkungan kerja serta dimananpun saya berada. Saya bangga menjadi seorang guru dan mahasiswa psikologi.

Referensi:

Milfayetti, Sri, Anita Yus dkk.2015.Psikologi Pendidikan.Medan:PPs Unimed
http://sajakpenaanakdesa.blogspot.com/2017/02/makalah-psikologi-pendidikan.html?m1  diakses pada Senin 30 Januari 2019 Pukul 21.00 WIB

0 comments:

Post a Comment