18.12.19

PSIKOLOGI BERBAGI “Kami Anak Indonesia, Kami Layak Bahagia”



         



Nama                           : Alia Nanda Rumekti
NIM                             : 19.310.410.066
Prodi                            : Psikologi
Dosen Pembimbing     : 1. FX. Wahyu Widiantoro, S. Psi., M. A.
                                                                           2. RR. Putri Ana Nurani, S. S., M. M
         Setiap anak memiliki hak untuk bermain, mendapatkan kasih sayang, dan memperoleh informasi dari semua hal yang ada di sekitar mereka. Anak-anak seharusnya dapat menikmati hari-hari bermain, belajar, dan berpetualang, tanpa harus merasa takut pada apa saja yang akan mereka hadapi esok hari. Namun, kini yang terjadi pada sebagian dari mereka justru hampir sebaliknya. Ruang gerak mereka seakan terbatasi oleh kemajuan teknologi yang kian mengintai dimana hal tersebut memaksa mereka untuk belajar dan menguasai teknologi sebagai bekal masa depannya.
            Hal yang hampir serupa juga terjadi pada beberapa anak-anak yang tinggal di dusun Tangkil 1, Kemejing, Semin, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Suguhan game online seakan membuat mereka gandrung teknologi. Beberapa permainan masa kecil seperti Petak Umpet (delikan), Gobag Sodor, Jethulan, Jamuran, dan sejenisnya kini sudah tidak lagi mereka temukan.
            Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Desember 2019 di Balai Dusun Tangkil 1, Kemejing, Semin, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, saya mencoba mengajak beberapa anak yang tinggal di dusun Tangkil 1 untuk bermain bersama dalam beberapa permainan tradisional. Permainan tersebut diantaranya Pesan Misterius, ABC Ada Berapa, Bit Bom, dan Mencongak Angka. Instruksi dalam permainan tersebut disampaikan dalam Bahasa Inggris agar berkesan sekaligus dapat melatih anak-anak dalam pengucapan beberapa kata dalam Bahasa Inggris seperti nama-nama profesi dan penyebutan angka. 
            Permainan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kembali arti penting kebersamaan. Karena semua permainan tersebut merupakan permainan beregu dimana semakin banyak peserta maka akan semakin menyenangkan. Salah satu dari permainan tersebut yaitu Pesan Misterius, menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan kepada anak-anak akan pentingnya komunikasi. Bahwa setiap masalah akan lebih mudah dipecahkan jika antar individu memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
            Salah satu orangtua dari anak-anak tersebut berharap kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Karena selain dapat meningkatkan minat anak-anak untuk kembali bertemu dan bermain kembali bersama teman, kegiatan ini juga dapat sedikit mengurangi kecemasan orangtua jika anaknya kecanduan game online.

            Anak-anak sebagai salah satu aset paling berharga bangsa Indonesia sangat layak berbahagia. Hari-hari mereka sudah selayaknya terbebas dari segala macam faktor yang membelenggu kebebasannya untuk belajar, bermain, dan berpetualang mencari informasi yang bermanfaat bagi dirinya dan masa depannya. Anak-anak tersebut lahir bukan untuk menjadi penonton kesengsaraan dirinya sendiri, tapi untuk menjadi putra-putri bangsa Indonesia yang  terpelajar, kreatif, dan inovatif. Kami anak Indonesia, kami layak bahagia.

0 comments:

Post a Comment