26.12.19

Kuliah Umum “Peluang Sarjana Psikologi dan Tatangannya”



Nama                           : Alia Nanda Rumekti
NIM                             : 19.310.410.066
Prodi                            : Psikologi
Dosen Pembimbing     : Dra. Muslimah Zahro Romas, M. Si.

Kuliah Umum “Peluang Sarjana Psikologi dan Tantangannya” merupakan kuliah umum yang dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Kuliah umum yang menghadirkan seorang narasumber, Bapak Dody L. Amperawan, M. Psi., Psikolog, ini dihadiri oleh 71% mahasiswa semester 1 dan mahasiswa semester diatasnya dari Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan juga dihadiri oleh Dra Muslimah Zahro Romas, M. Si sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogayakarta, Drs. Indra Wahyudi, M. Si sebagai moderator, dan Dra. Yuni Solomo.
            Dalam kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 09 Desember 2019 di ruang C 202 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta ini, narasumber menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang diperlukan oleh para calon sarjana. Selain keilmuan, ketekunan dan kecepatan dalam bekerja saat ini sangat diperlukan dalam kehidupan Industri di Indonesia. Kemajuan teknologi membuat seseorang kian mudah terdeteksi ketika melakukan kebohongan atau kecurangan.
            Sebagian mahasiswa semester 1 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berpendapat bahwa kuliah umum yang dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi ini memberikan gambaran mengenai peluang Sarjana Psikologi dan tantangannya dimasa depan. Sebagian mahasiswa tersebut merasa kian mantap untuk belajar di Jurusan Psikologi karena cukup banyak peluang kerja yang tersedia untuk lulusan jurusan tersebut. Diantaranya Asisten Psikolog, Manager HRD, Guru atau pendidik, Dosen, NGO, dan lain sebagainya.
            Sebagian mahasiswa tersebut mengaku bahwa selain memberikan gambaran mengenai peluang Sarjana Psikologi dan tantangannya di masa depan, kuliah umum ini juga menambah kepercayaandiri pada diri mereka bahwa kesuksesan tidak bergantung pada tempat belajar dan siapa yang orang yang mengajarkan suatu ilmu kepada kita. Tetapi kesuksesan bergantung pada ketekunan, keuletan, dan motivasi diri dari masing-masing individu.
            Kemajuan teknologi terus berkembang hingga dalam upaya menuntut ilmu seseorang tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi masa kini memudahkan seseorang untuk mengakses segala informasi dimana sangat mungkin bagi seseorang untuk mengasah hardskill-nya. Namun dengan tanpa mengesampingkan hal tersebut, ada hal lain yang sangat perlu diasah, yaitu softskill. Softskill merupakan hal yang dilandasi dengan etika moral yang kuat dan merupakan hal penting yang tidak selalu diajarkan di bangku sekolah maupun bangku perkuliahan. Namun softskill dapat diasah melalui kebiasaan, praktik, dan perilaku sehari-hari, dimana hal tersebut akan lebih menunjukkan kualitas seseorang.

            Sebagai para calon Sarjana Psikologi, penting bagi kita untuk mengasah berbagai softskill yang sekiranya bermanfaat bagi lapangan kerja Sarjana Psikologi. Sebagai nilai tambah, para calon Sarjana Psikologi juga penting mengasah kemampuannya dalam berbahasa Inggris dan komputer untuk melandasi kemampuan Sarjana Psikologi dalam hal “menjual diri” dan negosiasi.

0 comments:

Post a Comment