2.10.19

RESENSI ARTIKEL : LINGKUNGAN SEKOLAH MENJADI “CANTIK”


BANGUN HANDOKO

19.310.420.090
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Guru SD N Pasinggangan Banyumas bersama siswanya memanfaatkan barang-barang bekas diolah untuk mempercantik lingkungan sekolah. Kegiatan kerja bakti mempercantik lingkungan sekolah tersebut dilakukan sebelum sekolah masuk dan sesudah jam belajar mengajar. Kerja bakti kreatif tersebut dijadikan sebagai program unggulan sekolah yaitu dengan mengumpulkan, memilah dan mengolah sampah.

Salah satu program kerja bakti kreatif kali ini yaitu mengolah barang-barang bekas atau botol bekas dibuat menjadi pot tanaman. Untuk perawatan tanaman diberlakukan kelompok piket, dimana setiap pagi petugas piket menyirami tanaman tersebut.

Sebelumnya SD ini juga sudah pernah mengolah sampah seperti dus karton dan kaleng bekas minuman menjadi tempat pencil yang kemudian dpat menghiasi semua meja guru kelas. Koran bekas juga diolah menjadi pigura foto dinding kelas.

Kegiatan pengolahan sampah ini merupakan penerapan program sekolah model dengan tujuan mengintegrasi sekolah sehat.


KELEBIHAN : Artikel ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah yang ada di DIY dan sekitarnya untuk mempercantik lingkungan sekolahnya seperti apa yang dilakukan oleh SD N Pasinggangan Banyumas, untuk itu kami mencoba memasang kliping ini di mading salah satu SD diwilayah Yogyakarta. Semoga dengan dipasangnya kliping ini dapat meningkatkan kreativitas / inovasi guru dan siswanya dalam mengolah barang-barang bekas.

Sumber : Kedaulatan Rakyat | Kamis, 19 September 2019 

0 comments:

Post a Comment