14.10.19

PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP KUALITAS ANAK PEDALAMAN
Muhammad Rifaldy
19310410016
Psikologi umum I
Dosen Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A




   Bukan rahasia lagi bila anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak, seperti anak-anak pada umumnya. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih, dalam mengenyam pendidikan sesuai batas kelayakan pendidikan indonesia dan juga sulit mengikuti perkembangan zaman, terutama pada masa kini. Mereka tidak mengenal alat komunikasi, seperti telepon genggam. Hal pokok yang menjadi sorotan utama yaitu betapa sulitnya mereka mendapatkan yang layak dan mengenyam pendidikan dalam kurun waktu yang tidak terlalu singkat, yaitu dua belas tahun.
   Pada tahun 1985, seorang ahli psikologi amerika yang bernama David H. Barlow dalam bukunya Educational Psychology The Teaching-Learning Process, Menjelaskan bahwa belajar merupakan suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku dengan secara langsung. Berdasarkan eksperimennya, B.F Skimer percaya bahwa dengan proses adaptasi  tersebut akan mendatangkan hasil yang optimal apabila dilakukan dengan baik dan diberi penguatan selama proses itu berlangsung.
   Sekarang ini masih banyak kasus tentang pendidikan di indonesia seperti tidak adanya sarana dan prasarana terutama di bagian pedalaman, hal ini terjadi karena kurangnya perhatian pemerintah dalam menanggulangi kasus ini. Sungguh ini hal yang sangat ironis bila melihat anggaran pendidikan yang ada di indonesia bisa dibilang lebih dari cukup untuk mendukung sarana dan prasarana untuk membangun sekolah maupun memperbaiki sekolah khususnya daerah terpencil.
   Namun, kemanakah anggaran terebut? beberapa hal di atas merupakan realitas kecil yang ada di bangsa kita yang perlu diberikan ruang khusus dan perhatian dari pemerintah pusat , juga seluruh lapisan masyarakat. Karena bagaimanapun generasi berikutnya juga behak mendapatkan pendidikan yang layak.
  Daftar pustaka :
Di akses pada tanggal 25 september 2019 Https://thegorbalsla.com/contoh-artikel/
Dr. Hamzah  B. Uno, M.Pd., Orientasi Baru dalam Psikologi pembelajaran, PT Bumi Aksar
Barlow, Psikologi kepribadian (Copyright by: Rajawali Press, 2004), h. 65.

0 comments:

Post a Comment