11.10.19

KRISIS LITERASI GENERASI MILLENNIAL

KRISIS LITERASI GENERASI MILLENNIAL



ERLYNA RAHMA SARI
19.310.410.084
Psikologi Umum I
Dosen Bp. Fx Wahyu Widiantoro S.Psi., MA

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keaghlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Literasi juga bermakna praktik dalam hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan, bahasa, dan budaya. Budaya literasi masyarakat indonesia masih sangat rendah. Zaman millennial ini masyarakat tidak hanya dituntut untuk melek teknologi, namun juga update terhadap informasi. Hasil penelitian Programme For International Student Assessment (PISA) menyebu budaya literasi indonesiat pada 2012 terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia. Indonesia menempati urutan ke 64 dari 65 negara tersebut. Ironinya lembaga pemerintah dan birokrat pendidikan belum paham apa itu literasi.
Akibatnya, minimnya minat baca bisa berdampak sangat fatal terhadap keutuhan negara. Tanpa di pilah dengan benar indonesia mengalami potensi resiko yang sangat tinggi terhadap penyebaran konten negatif di era digital ini. Berbagai ujaran kebencian, berita hoax, dan radikalisme merupakan ancaman yang tengah melanda masyarakat indonessia. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap fasilitas membaca menyebabkan hampir seluruh kalangan pelajar lebih banyak bermain game online. Rendahnya motivasi dalam diri atau dukungan dari keluarga tentang pentingnya literasi membaca.
Upaya untuk mengatasi krisis literasi masyarakat dan pelajar indonesia pemerintah harus bergerak cepat. Banyak sekali solusi yang bisa di terapkan untuk menumbuhkan budaya baca dalam diri masyarakat dan pelajar. Pertama, memaksimalkan fungsi perpustakaan sebagi tempat yang nyaman untuk membaca. Adanya perpustakaan desa yang dibuat untuk masyarakat sekitar. Kedua, penerapan wajib membaca minimal 15 menit di lingkungan sekolah. Ketiga, motivasi dan pembelajaran sejak dini dari orang tua untuk anak. Semoga dengan dukungan dan partisipasi dari semua pihak budaya literasi di indonesia semakin membaik.

DAFTAR PUSTAKA:
https://republika.co.id/berita/ngm3g840/literasi-indonesia-sangat-rendah
https://www.kompasiana.com/5c335c48bde5755a767cf299/indonesia-krisis-literasi-di-era-revolusi-industri-4-0

0 comments:

Post a Comment