13.10.19

Jangan Sembarangan Menyebut Orang Psikopat


Sekar Pramesthi Armindariani
19310410072
Psikolagi Umum I
Fx.Wahyu Widiantoro S.Psi.MA

  Setiap ada kejadian kejahantan  pembunuhan yang melibatkan seseorang yang masih muda dan tidak diduga tiba-tiba menjadi  seorang tersangka dalam kejahatan lalu kebanyakan orang memikirkan apakah perilakunya psikopat?. Kata psikopat sendiri banyak dibicarakan oleh masyarakat ketika menceritkan tentang  bagaimna sikap pembunuh yang di anggap  mampu melakukan perbuatan sadis tanpa menunjukkan rasa bersalah. Belakangan ini istilah psikopat mucul di beberapa kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui di Indoensia sendiri sedang marak-maraknya kasus-kasus pembunuhan, kasus pembunuhan itu sendiri tiap kasus makin meningkat kesadisannya. Sebenarnya  apa definis psikopat itu?
    Psikopat  tergolong dalam prilaku abnormal. Psikopat disebut juga pribadi sosiopatik atau pribadi antisosial atau dissoial. Berbeda dengan schiazopherini, kehidupan orang-orang psikopat umunya terlihat normal, bahkan tidak jarang psikopat adalah oranng-orang yang menarik. Dr. Hervey Cleckley dalam bukunya yang berjudul The mask of sanity (1941). Ia menggambarkan seorang psikopat sebagai pribadi yang charming, likeable, intelek, impresif dan pandai merayu. 
         Prof.Robert D Here dalam bukunya yang berjudul Without  conscience menyebutkan 20 ciri-ciri psikopat 5 di antaranya:
  1.     Egosentris dan menganggap dirinya hebat
  2.   Manifulatif dan curang
  3.    Tidak memiliki sikap empati
  4.  Bersikap agresif    
  5. Implusif dan sulit mengendalikan diri   

Selain itu ada faktor penyebab terbentuknya  sesorang memilik jiwa psikopat  antara lain:
a.    Kelainan otak, kelainan sistem serotonim,struktural,dan kelainan fungsional otak (Pridmore,Chambers&McArthur,2005)
b.    Lingkungan (memiliki masa kecil yang tidak meberikan peluang  untuk mengembangkan masa emosinya secara maksimal)
c.    Keprindian sendiri. 

    Contohnya saja kasus Junko furota wanita jepang yang disiksa  44 hari dimana kasus ini di lakukan oleh para sekelompok pelajar yang masih di bawah umur  karena di tolak cintanya. Selain itu ada kasus Ted Bunny seorang pembunuh berantai dan nekrofil Amerika  yang menculik,memperkosa,dan membunuh banyak gadis muda dan wanita selama tahun 1970-an,dan yang lainnya.
      
  Psikopat belum dipastikan bisa di sembuhkan atau tidak. Oleh karena itu psikopat dapat dicegah sedini mungkin dimana peran orang tua sangat penting dalam pola asuh anak. Seperti yang di ketahui anak merupakan peniru yang handal apa yang di lakukan oleh oarang tua mereka atupun lingkungan mereka.  Dengan memberikan asuahan yang tepat sehingga dapat meminimalkan resiko  invidu kekurangan afeksi pada masa kecinya.
DAFTAR PUSTAKA  
 Agustina Simpayung,Hati-Hati Mengatakan Anda Tidak Sakit Jiwa,(Jakarta:PT Elek Media Komputindo),92. Lailatul Fitriyah,Muhammad Jauhar, Pengantar Psikolagi umum,(Jakarta: Prestasi Pusaka Jakarta ,2013),267. (Pridmore,Chambers&McArthur,2005) Bab Landasan Teori 2.1 Ganguan kepribadian Psikopatik: library.binus.ac.id kisah-nyata-junko-furuta-wanita-jepang-yang-disiksa-44-hari


0 comments:

Post a Comment