12.10.19

DAMPAK MEDIA SOSIAL DI KALANGAN REMAJA

Mohammad Evansyah
19310410049
Psikologi Umum 1
Dosen Bp. Fx. Wahyu Widiantoro S. Psi., 
M.A



    Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi informasi semakin mempengaruhi hidup manusia. Salah satu yang paling banyak digandrungi masyarakat adalah media sosial. Media sosial seakan-akan sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi masyarakat Indonesia khususnya dikalangkan remaja. Media sosial yang sering digunakan kalangan remaja seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, Line dan WhatsApp. Akses yang cukup mudah membuat remaja betah berlama-lama menggunakannya.
     Menurut Michael Cross (dalam pakarkomunikasi.com, 2013), Media sosial adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. Dikarenakan internet selalu mengalami perkembangan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan. Hal ini menjadikan media sosial lebih hypernym dibandingkan sebuah referensi khusus terhadap berbagai penggunaan atau rancangan.
     Berdasarkan Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Child & Adolescent Health pada 2019, menyebutkan bahwa penggunaan media sosial yang sering menyebabkan tekanan psikologis yang lebih besar. Namun demikian, efeknya terlihat jelas pada perempuan. Mereka merupakan pihak yang lebih sering memeriksa akun media sosial, dan hal ini membuatnya menjadi lebih rentan terkena tekanan psikologis.
     Penggunaan media sosial dikalangkan remaja memberikan dampak negatif maupun positif. Remaja yang terlalu sering menggunakan media sosial akan berdampak negatif pada pergaulan didunia nyata, ini dikarenakan remaja lebih banyak berkomunikasi didunia virtual seperti WhatsApp daripada bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.  Media sosial tidak terlepas dari dampak positif. Remaja bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk belajar, contohnya seperti mencari referensi dan ilmu pengetahuan baru yang tidak didapatkan disekolah dengan menggunakan YouTube atau media sosial lainnya.
     Sosial media mempunyai dampak positif dan keuntungan dalam perkembangan ilmu dan teknologi misalnya saja memudahkan dalam hal komunikasi, mencari dan mengakses informasi. Namun disisi lain media sosial juga membawa dampak negatif bagi para remaja seperti perubahan sikap yang ditunjukkan setelah mereka kecanduan jejaring sosial.
    Kemajuan teknologi harusnya  dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya khususnya buat anak-anak muda sehingga memberikan dampak positif dikehihupan sehari-hari .


Daftar pustaka :

Cross, Michael. https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli (diakses pada 2 Oktober 2019)
https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/01/190000465/media-sosial-bahayakan-mental-remaja-perempuan-studi-tunjukkan-sebabnya?page=all (diakses pada 3 Oktober 2019)

0 comments:

Post a Comment