25.9.19

REALITA SAMPAH KOTA YOGYAKARTA

RIZAL ARIFFUDIN
19310410020
Psikologi Umum 1
Dosen Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi.,M.A

Sampah memang menjadi permasalahan semua kota di Indonesia. Khususnya di kota Yogyakarta. Saya bekerja di Dinas Lingkungan Hidup kota Yogyakarta di bagian penyapuan jalan. Banyak saya temui sampah – sampah yang yang berserakan dijalan dari sampah plastik, daun dan sebagainya. Mungkin dikarenakan kurangnya kesadaran semua orang untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal pemerintah kota Yogyakarta sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara sebelum akhirnya dibuang ke tempat pembuangan akhir.
Bukan hanya di jalan banyak juga saya temui orang – orang membuang sampah di sungai karena rumah saya berada di pinggiran sungai. Mungkin juga banyak orang – orang yang belum menyadari apa akibatnya jika sampah itu di buang di sungai.
 Sampah yang mereka buang di sungai akan membuat kotor sungai itu dan membuat pemandangan yang tidak enak di lihat. Kadang saya ingin menegur tapi belum tau cara yang baik dan benar yang bisa menyadarkan orang – orang itu bahwa apa yang mereka lakukan itu salah dan dapat merugikan orang lain. Rizal (2011) menjelaskan bahwa persoalan sampah tidak henti - hentinya untuk dibahas, karena berkaitan dengan pola hidup serta budaya masyarakat itu sendiri. Bukan hanya urusan pemerintah semata akan tetapi penanganannya membutuhkan partisipasi masyarakat secara luas. hal penanganan sampah dapat diasumsikan bahwa laju produksi sampah tidak sebanding dengan proses penanganannya. Hal tersebut tentu memacu pemerintah daerah untuk lebih awal memikirkan bagaimana strategi yang efisien dalam menanggulangi masalah persampahan. Kapasitas kota sebagai sumber pemenuhan kebutuhan manusia maka sudah seyogyanya untuk menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang memadai dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pengelolaan persampahan yang baik.
Referensi :
Rizal.Muhammad.2011.Analisis pengelolaan persampahan perkotaan. Hal 155-172. Jurnal Smartek,vol.9 No. 2.













0 comments:

Post a Comment