28.9.19


PRILAKU INDIVIDU YANG BERPENGARUH PADA LINGKUNGAN SOSIAL

Hesmi Nurhidayatun
183104101186
Universitas Proklamasi 45 
Yogyakarta



Kepribadian  adalah gambaran arah seseorang bertingkah laku terhadap lingkungan sekitarnya, yang terlihat dari kebiasaan berfikir, sikap dan minat, serta pandangan hidupnya yang khas untuk mempunyai aturan. Karena dalam kehidupan manusia sebagai individu ataupun makhluk sosial, kepribadian senantiasa mengalami warna-warni kehidupan.
Pengalaman hidup membuktikan bahwa manusia juga terkadang mengalami hal-hal yang pahit, gelisah, frustasi, dan sebagainya. Akan tetapi ada kalanya manusia juga megalami senang, gembira, dan tentram. Dengan kata lain, memperoleh kebahagian dan terhindar dari hal-hal yang mengecewakan.

Ahmad Fauzi, Psikologi umum, (Bandung: Pustaka Setia, 1999), hlm. 133. Mengatakan bahwasanya “Mampu tidaknya seseorang dalam mencapai keinginannya bergantung pada vitalitas, tempramen, watak, dan kecerdasan seseorang. Vitalitas yaitu semangat hidup, pusat tenaga seseorang, merupakan kepribadaian dan merupakan unsur penting yang ikut menentukan kemampuan berpestasi, dan bersifat dianamis. Setiap orang memiliki vitalitas yang berbeda, ada yang kuat ada juga yang lemah”.
Dalam disiplin  psikoloi sosial, fungsi teori adalah untuk menjelaskan gejala-gejala psikologis dan perilaku ndividu dalam konteks saling pengaruh dengan dunia sosial. Sedangkan secara umum dapat di kemukakan bahwa teori merupakan penjelasan lengkap tentang gejala-gejala (Baron & Byrne, 2004; Myres, 2002).
Kurt Lewin megemukakan bahwa “ Segenap peristiwa, perilaku, seperti mimpi, berkeinginan, atau bertindak, merupakan fungsi dari ruang hidupnya (Hergenhahn, 2000).
Lingkungan sebagai ruang hidup tidak dapat dipisahkan dari satu kesatuan dengan kepribadian manusia. Ruang hidup terdiri atas peristiwa-peristiwa di masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang merupakan aspek-apek hidup yang mempengaruhi setiap perilaku seseorang.
Penekanan pada keterkaitan individu dan lingkungan memberi sumbangan yang cukup besar dalam perkembangan disiplin psikologi secara umum dan psikologi sosial secara khusus.
Jadi sumbangan suatu teori psikologi sosial untuk menjelaskan suatu gejala perilaku sosial sangat bergantung pada kesesuaiannya dengan karakteristik, teori Kurt Lewin ini dapat di mengerti dalam rangka struktur dinamika dan perkembangan kepribadian,konsep yang dimana seseorang dapat menggambarkan kenyataan psikologis agar dapat di terapkan dalam semua bentuk tingkah laku.


Daftar Pustaka

Ahmad Fauzi. Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia. 1999.

Baron, R.A. & Byrne, D. 2004. Social Psychology. Understanding Human Interaction. Boston: Allyn and Bacon, Incorporation.

Myres, D. G. 2002. Social Psychology. Boston: McGraw-Hill.

Hergenhahn, B.R. 2000. An Introduction to the History of Psychology. New York: Wadsworth Publishing Company.


0 comments:

Post a Comment