29.9.19

Prilaku agresif aparat terhadap demonstran


Prilaku agresif aparat terhadap demonstran


Rr.Sekarlangit Ayuningtyas Rahawarin
18.320.410.1179
Psikologi kepribadian II

Kita pasti pernah melihat orang yang bertindak agresif agresif di tempat umum, berita baru baru ini yang  menyita perhatian kita adalah randy mahasiswa universitas halu oleo  di kendari, korban agresif berupa tembakan peluru tajam yang di sinyalir di lakukan   oleh aparat kepolisian dalam demo RUU, lantas apakah prilaku agresif itu dana pa penyebab munculnya agresifitas.
Agresi dalam perspektif psikologi (shinta,2018) adalah perilaku yg dimaksudkan untuk melukai, menyakiti / merusak.. Beberapa perilaku yang termasuk dalam batasan tersebut antara lain menampar, menghina,  dan bergosip. Perilaku semacam itu bisa dilakukan dengan tenang, ‘dingin’ (tanpa diiringi perasaan takut atau penyesalan) dan terencana rapi sampai hasilnya tampak nyata, atau justru dilakukan secara meledak-ledak (impulsif).
Penyebab prilaku (Djuwita, Ratna,2005),  agresif berdasarkan teori social learning  albert bandura
adalah Hadirnya figur model yang berperilaku agresif juga menyebabkan seseorang meniru perilakunya yang agresif itu. Jadi seseorang berperilaku agresif tidak hanya karena pernah mengalaminya (learning by doing), tetapi juga karena pernah mengamatinya (learning by observing). 
Inilah hasil penemuan tokoh psikologi Albert Bandura, yang terkenal dengan teori social learning (dalam). Ia membuktikan bahwa dalam situasi tertentu, perilaku model yang agresif itu akan mampu ditularkan pada orang lain yang mengamati perilakunya. Cara penularan perilaku agresif ini melalui tiga saluran yaitu keluarga, budaya masyarakat, dan media massa.
Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa prilaku agresif terjadi karena adanya peniruan dari figur model yang berperilaku agresif sehingga perilaku model yang agresif itu akan mampu ditularkan pada orang lain yang mengamati perilakunya

Refrensi
Djuwita, Ratna, Bullying: Kekerasan Terselubung Di Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Kuliah arundati shinta https://web.facebook.com/arundati.shinta?_rdc=1&_rdr/(accessed  Juli,2019)


0 comments:

Post a Comment