16.9.19

Penyakit Mental Akibat Kecanduan Game

PENYAKIT MENTAL AKIBAT KECANDUAN BERMAIN GAME
Wahyu Hidayah
19310410053
Tugas Psikologi Umum I
Dosen Bapak Fx. Wahyu Widiantoro



     Salah satu produk dari kemajuan teknologi yaitu munculnya permainan atau game elektronik. Alatnya pun kian beragam; ada PlayStation, Nintendo. Xbox, PC Game, hingga yang kini banyak dipakai adalah game yang dimainkan di smartphone dan komputer tablet. Fenomena yang kita jumpai, banyak anak yang kini menghabiskan waktu untuk bermain game, baik secara offline maupun online. Kecanduan bermain game ternyata berpengaruh negatif pada tumbuh-kembang anak. Juga, berpengaruh negatif bagi kesehatan fisiknya.
    Muhammad Al Manajid dalam bukunya bahaya game menyampaikan Game memiliki dampak psikologis yang besar pada anak-anak di dunia nyata. Penelitian ilmiah-akademik menunjukkan, anak-anak yang menghabiskan banyak waktu bermain game memiliki kepribadian lebih agresif dan cenderung berperilaku kurang baik dengan lingkungan sekitar. Mereka bisa agresif terhadap teman, guru, bahkan orangtua
    Kimberly Young, PsyD. Director of the center for On- line Addiction mngatakan bahwa gaming disorder adalah gangguan pendalian impuls yang serupa dengan kecanduan judi.   
     Game (gaming disorder) ditetapkan sebagai salah satu penyakit mental oleh World Healty Organization (WHO), juga diungkapkan bahwa bermain game ini bersifat berkepanjangan hingga mereka menganggap bahwa dunia virtual lebih menarik daripada kehidupan nyata.
    Peran serta orangtua sangatlah penting dalam mengawasi dan memperhatikan kebiasaan anak-anak nya dalam bermain game. Para orangtua harus membatasi waktu untuk bermain game dan memperhatikan sikap anak ketika ia diberikan batas waktu bermain game atau dilarang. Agar orangtua dapat mencegah anak- anak mereka terkena gaming disorder.
Daftar Pustaka:
https://doktersehat.com/fenomena-candu-game-online/ (diakses pada 14 September 2019)
Al Munajjid, Muhammad.2016. Bahaya Game: Aqwam Medika
https://www.guesehat.com/ini-yang-perlu-kamu-ketahui-tentang-gaming-disorder-yang-baru-ditetapkan-oleh-who-sebagai-penyakit-mental (diakses pada 14 September2019)
https://www.kompasiana.com/amp/danurwind/bahaya-dan-efek-negatif-kecanduan-game-online-bagi-kesehatan ( diakses pada 14 September 2019)
kimberly young,PsyD

0 comments:

Post a Comment