23.9.19

Ilmu Tak Terbatas


Ilmu Tak Terbatas
Juilchris E Mirino
     Sebab ilmu itu tidak terbatas. Akan terus selalu bertambah dan begitu teramat luas. Yang terbatas hanyalah keinginan kita. Sejauh mana dan sampai mana kita ingin menimba ilmu itu. Jika sudah merasa cukup maka cukuplah, jika belum barulah itu yang disebut dengan pencari ilmu tanpa batas. Bukankah ada pepatah yang bilang bahwa cari ilmu itu meki harus ke negeri Cina? Namun pertanyaanya sekarang adalah ilmu, ilmu apakah yang harus dicari?
            Ilmu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Kau tahu? Butuh ilmu untuk mencari ilmu. Sebab mencari ilmu adalah ibadah. Ketika kau mencari ilmu, secara tidak langsung kau telah menempuh jalan untuk mempermudahmu ke surge. Allah sangat mencintai orang-orang yang mrnuntut ilmu dan selalu berada di jalan-Nya.
            Jika saat ini kita sedang mencoba untuk belajar hal tentang apa pun, teruskanlah. Belajar tidak selalu berhubungan dengan kertas dan pena. Namun pada tata letak hati kita yang apakah bersedia untuk mempersilahkan nasihat dan pengalaman orang-orang yang hebat untuk memasukinya. Apa yang kamu pelajari adalah apa yang dapat kamu lakukan. Karena itu belajarlah hingga semua yang ingin kamu lakukan dapat dilakukan.
            Karena yang selalu harus aku yakini adalah bahwa segala usaha dana pa yang dilakukan sekarang akan menjadi sebuah cerita untuk masa depan. Bahwasannya semua hal apa pun itu membutuhkan yang namanya proses , dan proses itu akan terwujud jika diimbangi dengan keinginan untuk selalu mau belajar. Sebab ada satu kalimat yang selalu saya ingat, “Kamu bias menjadi apa yang kamu mau, selama kamu benar-benar tahu apa yang kamu mau”. Ya…. Cintailah apa yang telah kamu pilih, dan semoga kita tidak salah jatuh dalam hal yang kita cintai.
            Terkadang kita sering berpikir tentang apakah jalan yang telah kita pilih merupakan jalan yang benar-benar kita pilih ?
            Apakah hal yang kita lakukan sekarang ini adalah hal yang benar-benar kita  ingin lakukan ? impikanlah apa yang benar-benar kamu  inginkan, sebab jika hal itu tidak kamu mimpikan sama sekali, maka akan sulit untuk mencapai hal itu.
            Jika harus memilih antara ilmu dan harga, manakah yang akan kamu pilih? Jika kita berilmu tentunya kita akan memilih ilmu. Karena org berilmu tahu betul, bahwa harta atau materi yang ada di dunia ini dikarenakan adanya ilmu. Apakah ada orang yang tak berilmu bias mendapatkan uang? “Tapi mengapa ia yang hanya lulusan sekolah dasar saja bias menjadi pemilik di satu perusahaan?” sudah kubilang, belajar itu bukan selalu berhubungan dengan kertas dan pena. Pernah mendengar tentang ilmu yang didapat dari jalanan ?
            Hidup adalah tentang memilih dan dipilih, ketika ada dua pilihan di depanmu yang harus kamu pilih salah satu, kau harus yakin dengan yang menjadi pilihanmu itu. Dan dalam memilih itu, ilmu sangatlah berperan penting. Jika kau tidak salah mengartikan, ini sama halnya ketika seorang wanita yang harus memilih diantara kedua  calonnya. Siapa yang akan ia pilih? Jika wanita itu kamu, apakah kamu siap untuk memilih diantara dua pilihan itu sekarang ?
Sumber : PANJI RAMDANA “MENUJU BAIK ITU BAIK”, DESEMBER 2016 BANDUNG.

0 comments:

Post a Comment