20.5.19

MERAJUT SILATURAHIM DIANTARA KITA



BUKA PUASA BERSAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UP45 YOGYAKARTA
Ika Fatmawati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Jumat(17/5) lalu, Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan acara buka puasa bersama. Kegiatan ini diikuti oleh dosen, staf, para alumni, dan mahasiswa Fakultas Psikologi. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah merajut silaturahim diantara kita.

Hadir Ibu Muslimah Zahro Romas, S. Psi., M.Si. , selaku dekan Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta. Dalam acara tersebut turut hadir beberapa teman mahasiswa non muslim. Bapak Fx. Wahyu Widiantoro, S. Psi., M. A. juga mengikuti acara dari awal hingga acara selesai.


“ Acara ini merupakan bentuk solidaritas terhadap mahasiswa muslim. Saya melihat beberapa mahasiswa non muslim juga hadir disini. Ini merupakan wujud dari persatuan dan kesatuan antar umat beragama.” Tegas Bapak Sukirno,S. H., M. Hum. memulai kultum.

Beliau menyampaikan perintah puasa Ramadhan disampaikan oleh Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya : 
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” 

Salah satu syarat sah  berpuasa yaitu niat. Diriwayatkan dalam hadist yang pertama yaitu Innamal A'malu Binniyat.
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, dia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

Menjelang berbuka puasa, Mas Sofie selaku pembaca acara memimpin doa berbuka puasa. Nikmatnya berbuka puasa bersama kali ini, semoga lebih mempererat silaturahim antar mahasiswa. Sesuai sunnah Rasulullah untuk berbuka dulu dengan yang manis, kemudian melaksanakan sholat Magrib berjamaah di aula, baru setelah sholat makan nasi.


Kami ucapkan terima kasih kepada para donator dan panitia yang menyelenggarakan acara tersebut. Terasa hangat dan tidak ada sekat sore itu. Semua membaur dalam lezatnya silaturahim. Kebersamaan yang begitu indah. Kami sama- sama duduk lesehan, makan bersama, bercanda, ngobrol. Semoga silaturahim ini tidak hanya indah sore itu saja, tetapi awal dari jalinan silaturahim yang semakin hari semakin erat. Sampai suatu saat nanti kami semua yang hari ini masih berstatus mahasiswa menjadi alumni dari Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta. Alumni yang selalu membawa nama baik almamaternya.

0 comments:

Post a Comment