7.4.19

Remaja Dan Media Sosial


REMAJA DAN MEDIA SOSIAL
Hesmi Nurhidayatun
183104101186
                                                    



Media sosial adalah hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. adanya perkembangan teknologi informasi media sosial yang semakin pesat ini,secara perlahan menjadikan penggunanya ketergantungan untuk menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial yang tak terbatas membawa dampak positif dan negatif, untuk dampak positifnya sendiri yaitu dapat memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi jarak jauh,mempermudah pekerjaan sebagai pengguna media sosial dengan segala fasilitas yang di sediakan oleh media sosial.
            Namun di balik kemudahan yang di berikan,kehadiran media sosial juga mambawa sisi buruk bagi prilaku penggunannya,dampak yang paling nyata akibat adanya media sosial yaitu konten-konten asusila yang dapat di akses dengan mudah oleh semua kalangan termasuk para remaja.
            Menurut Sarwono (2013) mengatakan bahwa “ Kecanduan internet dapat menyerang siapa saja terutama pada remaja,remaja berada pada tahap krisis identitas memiliki rasa ingin tahu yang tinggi,selalu ingin mencoba hal yang baru,mudah terpengaruh dengan teman-teman sebayanya”
            Remaja yang kecanduan internet lebih memilih media online untuk berinteraksi sosial, remaja tersebut merasa memiliki kebebasan dalam berekspresi sedangkan jika berinteraksi secara bertatap muka remaja tersebut merasa gelisah ketidak percayaan diri apakah orang lain akan menerima atau menolak dirinya.
Prilaku penggunaan media sosial menurut Jogiyanto (2007) bahwa “Perilaku adalah tindakan atau kegiatan nyata yang  di lakukan karena individual mempunyai keinginan untuk melakukan sesuatu tertentu minat prilaku akan menentukan prilakunya”.
Maka gunakanlah media sosial beserta failitas fasilitas yang telah di berikan dengan bijak sesuai dengan kepentingan membatasi penggunaan internet agar terhindar hal hal yang negatif.

REFERENSI
            Jogiyanto.      (2007).            Sistem Informasi Keprilakuan.       Penerbit: Andi Yogyakarta.
            Sarwono, S. W. (2013).       Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

0 comments:

Post a Comment