4.4.19

PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MASA MASUK SEKOLAH


 Rizki Oktama

183104101181

Psikologi Umum II



                               PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MASA MASUK SEKOLAH





Keterlibatan orang tua dalam lembaga pendidikan anak usia dini sangat penting untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal di masa usia emas anak. Agar orang tua tidak sepenuhnya berharap pada lembaga PAUD saja untuk mendidik anaknya.  Kontribusi orang tua juga sangat diperlukan untuk berperan membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Pelaksanaan pendidikan dengan memberdayakan orang tua merupakan solusi yang baik guna meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Pelaksanaan model parenting ini sudah sesuai dengan undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, bahwa pendidikan keluarga merupakan bagian dari jalur pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam keluarga dan yang memberikan keyakinan agama, nilai budaya, nilai moral dan keterampilan. Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki berbagai fungsi, yang salah satunya adalah fungsi edukasi yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan keluarga sebagai wahana pendidikan pertama dan yang paling utama. Untuk mewujudkan semua itu, maka sudah semestinya di adakan model parenting untuk orang tua.
Fenomena model parenting di lembaga PAUD selama ini adalah masih sebagian kecil orang tua berperan ikut serta mendampingi anak dalam kegiatan pembelajaran, karena orang tua beranggapan untuk pendidikan anak di sekolah sudah diserahkan kepada guru. Selain itu, adanya kebiasaan orang tua mengasuh dan mendidik anak kurang baik, seperti: orang tua sering memarahi anak, orang tua terlalu memanjakan anak, orang tua kurang menumbuhkan keberanian kepada anaknya, orang tua kadang memberikan contoh perkataan yang kurang baik dan tidak pantas ditiru oleh anak. Hal tersebut merupakan perbuatan yang tidak baik kepada anak. Bahkan masih ada orang tua yang kurang memperhatikan perilaku anak, hal tersebut ditunjukkan orang tua jarang mengikuti kegiatan konsultasi dengan guru untuk memantau perkembangan dan perilaku anak, serta masih ada orang tua yang tidak memantau perkembangan kemampuan anak saat di rumah. Model parenting menurut Brooks (2001) yaitu bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak di kelompok bermain dan di rumah. Parenting ini bukan sesuatu yang baru namun juga tidak banyak yang mampu menyelenggarakannya, sehingga penting untuk dikaji dari konsep teoritis tentang manajemen model parenting pada pendidikan anak usia dini, mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting di TK AlHidayah An-Nas Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar; Mengetahui prototipe pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting di TK Al-Hidayah An-Nas Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar; Mengetahui analisis tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting di TK Al-Hidayah An-Nas Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar


DAFTAR PUSTAKA
Asolihin. 2014. Cara Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak. (http://paudanakbermainbelajar.blogspot.com/2014/ 04/cara-mengembangkan kemampuansosial.


0 comments:

Post a Comment