8.4.19

Pentingnya Percaya Diri


Fadilaturochman Tririzki Permana
18.310.410.1189
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Mata kuliah Psikologi Umum II
Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A

Percaya diri adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita, sebagai modal kita dan kunci kita didalam hidup bermasyarakat serta sangat membantu kita didalam menjalani keseharian kita. Seseorang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi pasti mereka tidak akan pernah merasa takut dengan orang lain.Apalagi dalam hal pengambilan keputusan, orang yang sudah bisa mengambil keputusan pasti dia sudah bisa memilah mana yang baik dan buruk serta  sudah memikirkan apa konsekuensi dari hal tersebut. Maka dari itu kepercayaan diri itu sangatlah penting.

Bisa kita lihat dan bisa menjadi contoh adalah banyak orang yang pintar dalam berbicara mengemukakan pendapat mengkritik orang tapi itu hanya di belakang saja tidak berani mengeluarkan pendapatnya didepan umum hal tersebut bisa berefek negative, karena yang dia bicarakan dibelakang bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang seharusnya di bicarakan di depan umum. Banyak anak muda jaman sekarang yang sukanya komplain di belakang sebagai contoh jika sedang pertemuan karang taruna ketika pembahasan terkait program, banyak sekali peserta tetapi hanya segelintir orang yang berpendapat. Padahal dalam lingkup bersosialisasi sebuah perkumpulan bisa menjadi pembelajaran kita supaya kita dapat membentuk kepribadian yang lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat.

Kepercayaan diri sangatlah berguna untuk menjalani kehidupan kita karena dengan percaya diri kita lebih bebas dalam berekspresi. Percaya diri perlu kita bangun untuk membuat kita bisa lebih leluasa dalam berpendapat dan bersikap. Kepercayaan diri adalah suatu sikap dan keyakinan pada diri sendiri akan kemampuan yang dimilikinya dan muncul karena adanya sikap positif terhadap kemampuannya, sehingga tidak perlu ragu – ragu dalam mengambil keputusan dan tidak terpengaruh oleh orang lain ( Tika dan Flora, 2014).

Menurut Buss (Tika dan Flora, 2014) citra diri merupakan gambaran mengenai tubuh dibentuk dalam pikiran, hal itu dimaksudkan untuk menyatakan suatu cara penampilan tubuh bagi diri sendiri yang meliputi perasaan tentang tubuh seperti kuat atau lemah, besar atau kecil, cantik atau jelek, dan tinggi atau pendek. Dengan percaya diri dengan apa yang kita kenakan akan mengalirkan energy positf yang memperlihatkan kepada orang lain bahwa penampilan kita adalah penampilan terbaik.  Jadi dapat disimpulkan bahwa memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan membuat kita lebih maju dan menjadikan hati kita tenang karena tidak akan perasaan nerveous dalam menghadapi banyak orang, sehingga kita terhindar dari perasaan negative atas penampilan kita. Jadi marilah sama – sama kita mulai membiasakan diri untuk tampil percaya direi dalam kehidupan kita sehari - hari.

Referensi :
Tika Nurul dan Flora Grace Putrianti,  Ramadhani. 2014. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pada Remaja Akhir”.Jurnal Spirits. Vol. 4, No. 2.



0 comments:

Post a Comment