12.4.19

Pentingnya Dukungan Orang Tua Bagi Mahasiswa



Windha Nurhidayati
183104101176
Mata Kuliah Psikologi Umum II



Pentingnya Dukungan Orang Tua Bagi Mahasiswa





Potensi siswa atau prestasi belajar siswa adalah hal utama yang menjadi perhatian di dalam dunia pendidikan. Keberhasilan pendidikan tidak dapat dipisahkan dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ada dua faktor utama dalam mencapai keberhasilan individu dalam meraih prestasi yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri seperti minat, motivasi, tingkat intelegensi dan bakat individu. Sedangkan faktor eksternal  merupakan bentuk pengaruh yang datang dari luar diri serta mampu mempengaruhi kegiatan belajar individu seperti peran orang tua.

Hurlock (1999) berpendapat bahwa “Pola asuh dapat diartikan pula dengan kedisiplinan. Disiplin merupakan cara masyarakat mengajarkan kepada anak perilaku moral yang dapat diterima kelompok. Adapun tujuan kedisiplinan adalah memberitahukan kepada anak sesuatu yang baik dan buruk serta mendorongnya untuk berperilaku dengan setandar yang berlaku dalam masyarakat lingkungan sekitarnya”
Pernyataan  di atas dapat disimpulkaan bahwa  pola asuh orang tua merupakan cara orang tua memperlakukan anaknya dengan menjaga, merawat, dan mendidik anaknya. Mengingat peran orang tua akan mencerminkan karakteristik tersendiri yang mampu mempengaruhi sikap anak dikemudian hari.
Dukungan orang tua terhadap mahasiswa diantaranya  memberikan kepercayaan kepada mahasiswa untuk melakukan kreatifitasnya. Dalam upaya mendoroong mahasiswa, mengawasi perilaku anak dalam aktivtasnya sehari-hari baik di kampus atau di lingkungan, dengan cara memberi tahu kepada orang tua apabila berada diluar rumah, serta  memberikan dukungan materiil dan dukungan spiritual. Apabila mahasiswa remaja tidak memperoleh dukungan dari orang tua bisa saja mereka tergelincir kedalam kubangan kenistaan seperti, malas kuliah, memanfaatkan uang SPP, menyabu serta suka melakukan tawuran.
            Peran serta orang tua hendaknya sedini mungkin diterapkan pada anak, dengan tujuan untuk meninggkatkan prestasi belajar dan agar mahasiswa menjadi pribadi yang mampu berorientasi maju serta bertanggung jawab. Seberat apapun masalah yang akan merekkan alami, diharapkan dapat dilalui apabila  mendapatkan dukungan serta bantuan orang tua.



Referensi  :



0 comments:

Post a Comment