8.4.19

PENGALAMAN PERTAMA DISEMESTER AWAL



                                               
                                                                Nir Bita Melani
                                                             18.310.410.1180
                                                Mata Kuliah Psikologi Umum II


            Menjawab berbagai problematika guru dalam menghadapi penelitian adalah tema yang diangkat pada seminar yang diadakan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta oleh Fakultas Psikologi pada tanggal 16 Desember 2018 lalu.
            Pertama kalinya saya ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan,apalagi ini juga pengalaman pertama kali saya menjadi Ketua Panitia dan disemester awal pula.
Perasaan takut,tidak percaya diri,bingung yang saya rasakan waktu itu.Namun Dosen pembimbing saya mengatakan bahwa beliau menunjuk saya sebagai ketua karena saya mampu memimpin teman-teman saya.Dengan mengucap bismillah,saya pun bersedia menjadi ketua panitia walaupun sebenarnya saya sangat merasa kurang percaya diri.
            Dalam acara ini terdiridari 7 anggota panitia,sangat sedikit memang,apalagi mayoritas panitiaadalah mahasiswa dari kelas karyawan dan pastinya waktu mereka terbagi-bagi.Banyak problem yang dialami waktu itu,dari sulit mengatur jadwal untuk berkumpul,pembagian tugas dari masing-masing sie,Namun problem yang kami alami adalah tantangan bagi saya,bagaimana harus tetap menjalankan komunikasi dengan anggota walau hanya dengan via group wa,bahkan kami bertukar ide pun hanya lewat group.
            Kami buat acara seminar ini dengan sebikmungkin,menampilkan sesuatu yang berbeda dari seminar kampus sebelumnya,dengan menampilkan karya tari dari Sanggar Langgit Alang-Alang,Tim Tari asal Kulon Progo beranggotakan 3 orang penari dengan judul tarian Putri Adi Karta berhasil meramaikan acara seminar kami.
Dan alhamdulillah acara kami berjalan sesuai dengan rencana,lancar sampai akhir acara.
            Terimakasih kepada Bapak FX.Wahyu Widiyantoro,M.A sebagai pembimbing acara seminar atas bimbingan dan memberikan kesempatan saya untuk menjadi ketua panitia,ini merupakan pengalaman saya yang sangat berharga dan tidak terlupakan.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah perangi rasa kurang percaya diri dengan keyakinan dalam hati,seperti pendapat Angelis(2003:10)bahwa kepercayaan diri merupakan keyakinan dalam jiwa individu dalam menghadapi segala tantangan hidup.Jika seseorang merasa yakin pada dirinya sendiri,maka apapun tantangan hidup ini akan dihadapinya.
         




Referensi :
Angelis.2003.Membangun Kepercayan diri pustakawan sebagi aktualisasi diri dalam masyarakat.jurnal.Semarang:Universitas Diponegoro
           

0 comments:

Post a Comment