7.4.19

MEMAHAMI INDIVIDU INDIGO



                               
NIR BITA MELANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Teman-teman pasi tidak asing laigi dengan istilah indigo,indigo sering kali disebut individu yang memiiki indra ke6 yang dikait-kaitkan dengan kemampuan supranatural yang dimilikinya.Sebenarnya indigo itu apa sih?
            Anak indigo adalah anak yang mempunyai karakteristik perilaku yang unik,yaitu cenderung hiperaktif,menarik diri dari lingkungan sosial,dan mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat yang sistematis saat berbicara (caroll,2006:2)
            Karakteristik anak indigo dari kondisi fisiknya,sebetulnya sama degan orang normal lainya,mereka mengalami proses perkembangan yang sama.Secara emosi,anak indigo lebih mudah bereaksi,sehingga terkadang mereka memili permasalahan dengan kemarahan.
            Kemampuan intelegensi anak indigo memilikikemampuan tajam untuk mengamati dengan daya ingat yang baik.Keinginan mengetahui dengan daya ingat yang baik.Keinginan mengetahui sesuatu kebutuhan bagi anak indigo.Anak indigo cenderung kreatif dan menangkap denga baik apa yang dia lihat.
            Menurut Tubagus Erwin Kusuma,SpKj seorang ahli psikiater anak dan pakar ahli menangani anak-ank indigo di Indonesia,manusia memiliki 7 xakra utama,masing-masing memiliki warna  sesuai dengn warna pelangi ( Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U).
Setiap warna yang terpancar dri tubuh manusia memiliki arti kesesuaian kepribadian individu tersebut.Tape menemukan warna biru yang lebih dalam yang ditemukan pada tahun 1970 dan menyebutnya sebagi “indigo” (Caroll & Tober,2006)
            Aura adalah pancara gelombang elektronik yang dimiliki oleh seseorang.Warna Pancaran ini berbeda di orang satu dengan orang lainnya,sebutan indigo muncul karena seseorang memiliki aura berwara nila.
            Dari penjelasan tersebut dapat di simpulkan bahwa anak indigo sebenarnya sama perkembangannya dengan anak lainnya,hanya saja anak indigo memilikikecenerungan yang unik pada setiap individunya.


Referensi :
Caroll.2006.Indigo dalam kreativitas simbol bentuk dan warna lukisan DIKY.skripsi.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta
Tubagus Erwin Kusuma,SpKj.2016.Penerimaan diri pada individu indigo.Jurnal Psikologi Indonesia.5(3)194-203
Caroll & Tober.2006.Penerimaan diri pada individu indigo.Jurnal Psikologi Indonesia.5(3)194-203


0 comments:

Post a Comment