12.4.19

KITA HARUS BAIK



Windha Nurhidayati
183104101176
Mata Kuliah Psikologi Umum  II


KITA HARUS BAIK




 
Peran orang tua tidak hanya memberikan materi kepada anaknya, namun harus dibekali dengan aspek afeksi seperti kasih sayang, pengertian dalam mendidik membesarkan anak. Hal tesebut perlu dilakukan karena dapat menjadikaan bekal dan dapat dijadikan teladan pada anak dimasa depan. Sebab anak merupakan cerminan dari orang tua. Anak akan meniru dan akan menjadi pantulan dari apa yang dirinya lihat, dari apa yang dirinya dengar, mengingat anak memiliki ingatan yang kuat.

Perilaku baik yang sering ditemui di  lingkugan rumah merupakan fenoma sosial yang mampu memotivasi secara real bagi anak sehari-hari yang pada akhirnya dapat merubah perialaku buruk anak menjadi perilaku baik, meskipun perubahan perilaku itu berlangsung dalam  waktu lama, tetapi lambat laun sekeras apapun keangkuhan pribadi dan ego anak akan luntur dan melebur kedalam perilaku baik yang sering dijumpai sehari-hari. Anak  sadar dengan sesadar sadarnya bahwa kemalasan sering meghantui dirinya, namun teguran sapaan maupunperingatan dari kedua orang tua  dan para sahabat dapat merubah kemalasan.

Pelajaran positif yang diperoleh sehari hari di rumah, di kampus maupun di mana saja sungguh merupkan pelajaran hidup yang sangat berharga bagi anak khususnya perubahan perilaku yang dirasakan selama ini ke arah yang lebih baik. Tanpa disadari kebaikan itu muncul terbukti apa yang sering disampaikan selama ini oleh kedua oang tua dalam memberikan peringatan, dan memberikan nasehat sudah jarang dilakukan tidak seperti sebelumnya ketika anak banyak melakukan perilaku negatif diantaranya malas, suka membantah. Seperti disampaikan Walgito : “Perilaku yang berlaku pada individu atau organisme tidak timbul dengansendirinya. Tetapi sebagai akibat dari stimulus yang diterima oleh organisme yang bersangkutan. Baik itu stimulus eksternal maupun stimulus internal” (Walgito,1991)


Keinginan untuk menjadi baik perlu dilakukan dengan sugguh sungguh dan keyakinan tinggi bahwa kebaikan itu akan selalu membawa keberuntungan serta banyak disukai oleh orang orang sekitarnya. Tulisan ini diharapkaan kita akan selalu menjadi baik.

            Referensi :

0 comments:

Post a Comment