3.4.19

Kecanduan Bermain Game

Fadilaturochman Tririzki Permana
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
18.310.410.1189

Di era perkembagan zaman ini kemajuan teknologi pun sangat pekat, dengan kemajuan teknologi ini perkembangan dunia game sangatlah pesat. Aplikasi game bisa diakses dan dinikmati oleh para penggemar game dengan sangat mudah dan terjangkau. Banyak kita temui pada era ini baik dari kalangan anak-anak, remaja dan bahkan dewasa yang cenderung merefres otak dengan bermain game di gadget. Bahkan banyak orang yang dalam keadaan kerja pun juga menyempatkan untuk bermain game di gadget.

Bermain game memiliki beberapa hal negatif yang perlu kita perhatikan. Game untuk kalangan anak-anak bisa menjadi tidak baik karena game bisa membuat anak menjadi kecanduan untuk memainkannya, hal ini bisa berdampak negatif bagi perkembangan anak- anak. Bisa kita lihat juga game banyak sekali di mainkan oleh remaja dan bapak – bapak disela waktu luangnya dan di sela pekerjaan mereka. Itu semua berdampak negatif bagi aktifitasnya, terutama jika dilakukan di sela kegiatan kerjanya. Hal tersebut jika dilakukan terus menerus bisa membuat orang akan cenderung lebih malas dalam bekerja dan bisa menjadikan pekerjaannya tidak maksimal.

Banyak penyebab  yang ditimbulkan dari kecanduan  game online, salah satunya karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas.  Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan. Apabila poin  bertambah dalam game online,  maka objek yang  akan dimainkan akan semakin hebat,  dan kebanyakan  orang  senang sehingga menjadi pecandu. ( Masya, Hardiyansyah dan Dian Adi Candra , 2016).

Menurut  Smart (dalam Masya, Hardiyansyah dan Dian Adi Candra , 2016) mengemukakan bahwa seseorang suka bermain  game  online dikarenakan seseorang terbiasa bermain  game  online  melebihi waktu. Perlu adanya pencegahan terkait kecanduan game tersebut, karena jika tidak segera ditindaklanjuti nantinya akan terus semakin menjadi tidak baik. Beberapa tips dalam pencegahan kecanduan game online adalah dengan membatasi diri dalam bermain, perlu adanya mencari aktifitas lain, focus terhadap pekerjaannya, dan membatasi waktu bermain game.

            Permainan game online sendiri sebenarnya bisa berdampak positif jika kita bisa membatasi hal tersebut, sedangkan anak dan remaja perlu pendampingan dari orang tua atau orang yang lebih dewasa karena ada beberapa jenis game yang diperuntukan bagi usia dewasa. Bagi para orang tua sebisa mungkin membatasi anak  -anak jika sudah mulai muncul indikasi kecanduan game ini, sehingga perkembangan anak – anak tidak terganggu

Referensi :
Masya, Hardiyansyah dan Dian Adi Candra .2016. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabu mulih Tahun Pelajaran 2015/2016”.

0 comments:

Post a Comment