30.4.19

Dukung Kesuksesan UNBK : Ciptakan Suasana Kondusif Dalam Keluarga

RESENSI ARTIKEL PSIKOLOGI SOSIAL
Fadilaturochman Tririzki Permana
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
183104101189


Ringkasan Artikel:
Suksesnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjsng SMA yang akan dimulai pada 1 April, tidak hanya ditunjang dari penguasaan pelajaran sekolah, tapijuga suasana komdusif didalam keluarga dan lingkungan sekitar.  siswa dituntut untuk lebih terampil dalam penggunaan komputer, karena dengan keterampilan komputer siswa akan lebih nyaman dalam proses Ujian Nasional.


Peran orang tua diperlukan dalam menciptakan kondisi mental atau psikologis anak dengan memberikan dukungan moral, orang tua disarankan untuk tidak memaksa anak mengikuti berbagai macam les.Karena dengan cara penekanan dalam pembelajaran anak materi tidak akan terserap dengan baik dan konsentrasi mereka dikhawatirkan terpecah.

Lingkungan sekalah hendaknya menciptkan suasana kondusif dalam kegiatan pembelajaran dan sekolah harus menyediakan komputer yang cukup dan jaringan yang memadai.
Kelebihan
1. Penulis  mampu menyajikan artikel dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah di pahami
2. Tema yang diangkat penulis mengajarkan kerjasama antara lingkungan sekolah dan keluarga untuk mendukung pembelajaran anak.
3. Dalam era teknologi ini merupakan terobosan yang bagus dalam perkembangan pembelajaran kedepannya

Kelemahan
1. Terlalu banyak anggaran yang dikeluarkan untuk proses ini  karena jumlah komputer harus sesuai dengan jumlah peserta ujian.
2. Harus memperhatikan kelayakan layanan khususnya layanan listrik dan internet apabila langsung terhubung keserver

Pendapat akhir :
program UNBK merupakan suatu terobosan yang sangat baik di era teknologi namun harus tetap memperhatikan kelayakan Layanan umum daerah Peserta Ujian. Partisipasi Sekolah sangat diperlukan dalam menunjang kesuksesan program ini, namun peran orang tua merupakan hal utama dalam mensukseskan anaknya.

Sumber : Kedaulatan rakyat, 30 Maret 2019 hal 19



0 comments:

Post a Comment