30.4.19

Dibangun, Kesadaran Politik Pemilih Pemula

RESENSI ARTIKEL PSIKOLOGI SOSIAL
Fadilaturochman Tririzki Permana
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
183104101189

Kesadaran Politik pentig bagi warga masyarakat.  Dalam pendidikan Politik hal ini sangat penting khususnya bagi pemilih pemula. Hal ini harus dipahami oleh pemilih pemula dimana pada pemilu kali in warga tidak hanya memilih wakilnya pada lembaga legislatif namun juga pemilihan presiden.


dalam sistem pemilu kali ini warga pasti dibuat bignung karena terdapat 5 kartu suara yang harus dipilih masing - masing pemilih. kartu pemilih tidak disertakan gambar kecuali pilpres.Pemilih pemula diberikan pencerahan terkait berbagai berita hoax di media sosial .

Kelebihan:
1. Artikel ini menunjukan perlunya kesadaran politik dimulai dari awal karena hal ini  akan mempengaruhi bangsa
2. Pemilih pemula diajarkan untuk sadar akan berita Hoax
3. Artikel ini memberitahukan bahwa partisipasi masyarakat untuk mendorong kesadaran politik bagi pemula

kelemahan :
1. tidak dijelaskan adanya sosialisasi pemilu untuk pemilih pemula

pemahaman akhir
pemilih pemula harus sadar akan pertisipasinya lingkungan sekitar juga ikut membangun kesadaran akan partisipasi pemilih pemula. peran keluarga juga diperlukan untuk membangaun kegiatan positif dalam era politik masa kini. karena dengan adanya masa politik bisa dipastikan banyak kericuhan terjadi, sehingga masyarakat harus lebih berperan dalam penjagaan generasi muda. Isu tidak benar atau hoax harus diperhatikan dengan baik karena bisa membakar pemahaman pemilih pemula pada hal yang salah, disini keluarga dan masyarakat harus lebih memberikan penilaian moral dan pemahaman yang benar.

Sumber : Kedaulatan rakyat, 30 Maret 2019 hal 17

0 comments:

Post a Comment