19.3.19


PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN
Meilisa Sarkol
173104101175
Mata Kuliah Psikologi Umum II
Kebersihan merupakan faktor yang sangat penting memberikan suatu kenyamanan tersendiri bagi saya. Kamar kos yang dipandang kurang enak atau berantakan menimbulkan efek yang kurang memuaskan dan ketidaknyaman. Terkadang saya berpikir apa susahnya menyapu dan membersihkan kamar sendiri? malas atau tidak mau? Saya seakan-akan menjadi bingung sendiri ketika orang tidak mau membersihkan kamar sendiri, padahal itu semua demi kebaikan sendiri dan kenyamanan sendiri.
Pada saat ada tamu berkunjung dalam keadaan kamar begitu tidak rapi sehingga memunculkan kesan bahwa orang tersebut malas dan tidak menjaga kebersihan. Misalnya kamar kos terdapat gelas-gelas yang kotor, kasur yang tidak bersih, dan lantai yang kotor. Tamu yang berkunjung ke kamar kos orang lain atau teman dalam keadaan berantakan dapat menimbulkan tamu tersebut malas untuk berkunjung kembali.
Salah satu penyebab hal ini dapat terjadi adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan kamar kos bagi mereka. Padahal, kebersihan sangatlah mutlak diperlukan jika seseorang ingin hidup dengan sehat. Salah satu alasan yang paling mudah ditemukan hari ini adalah agar terhindar dari penyakit DB atau demam berdarah.
Selain itu, masih banyak lagi resiko jika seseorang tidak rajin membersihkan kamar kosnya seperti mudah terserang berbagai penyakit seperti flu dan diare, gatal-gatal dan masih banyak lagi. Akibatnya, tentu aja berimbas pada aktivitas kampus seperti kuliah yang akan terganggu saat seseorang sakit.
Menurut Tarwoto (2004) personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis.Pemenuhan personal hygiene diperlukan untuk kenyamanan individu, keamanan, dan kesehatan.Kebutuhan personal hygiene ini diperlukan baik pada orang sehat maupun pada orang sakit. Menjaga kebersihan kamar kos merupakan hal yang wajib supaya dapat memberikan kenyamanan dan keindahan tersendiri. Menjaga kebersihan menjadi hal dasar seseorang dan mensimbolkan bahwa orang tersebut selalu hidup bersih, kebersihan jiwa seseorang dilandasi dengan kebersihan diri sendiri dalam kegiatan sehari-hari.

REFRENSI
Tarwoto & Wartonah. 2004. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.


0 comments:

Post a Comment