23.3.19

PSIKOLOGI ABNORMAL GANGGUAN MOOD "APA ITU BIPOLAR ?"


Reni Suryani
173104101169
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A





GANGGUAN MOOD
APA ITU GANGGUAN BIPOLAR ?

  Setiap individu pasti mempunyai perasaan senang, gembira, murung, sedih. Ada yang merespon saat kejadian lucu menjadi tertawa , tetapi dalam beberapa saat perasaan itu akan hilang. Beberapa saat kemudian dapat merasakan kesedihan , tetapi juga akan hilang dalam beberapa saat. Perasaan tersebut datang silih berganti tergantung pada suasana hati saat itu.

        Gangguan perasaan ini dikelompokkan menjadi :
1             1.  Depresi merupakan gangguan perasaan yang diwarnai dengan perasaan sedih,                rendahnya keinginan.
2            2.  Mania yaitu perasaaan yang gembira tetapi sangat berlebihan.

  Kedua gangguan perasaan ini disebut dengan bipolar. Disebut gangguan perasaan jika perasaan tidak sesuai dengan suasana yang terjadi, ketika berada di kegiatan yang menyenangkan , suasana hatinya tidak ikut merasa kegembiraan dan dia merasa sedih tanpa sebab.

   Menurut berat dan ringan bipolar dibedakan  sebagai bipolar tipe 1 yaitu seseorang yang mengalami mania dan depresi sedangkan bipolar tipe 2 yaitu seseorang yang mengalami hipomania dan depresi. Hipomania merupakan gejala seperti mania tetapi lebih ringan . biasanya orang tersebut dapat bekerja dengan produktivitas yang baik, kadang-kadang berani menentang rsiko yang serius

    Optimisme selalu dibutuhkan dalam setiap pengobatan. Terapi gangguan mood secara keseluruhan akan membuat penderita menjadi lebih baik. Tetapi bipolar merupakan gangguan kronis yang membutuhkan strategi yang melibatkan terapis, pasien maupun keluarganya. semakin cepat seseorang dengan gangguan mood diobati akan semakin baik hasil terapinya.


Referensi
 Panggabean M, Laurentius.(2015). Apakah Aku Bipolar ?.

0 comments:

Post a Comment