22.3.19

Menjaga Jati Diri Bangsa Berlambang Garuda


MENJAGA JATI DIRI BANGSA BERLAMBANG GARUDA

Hesmi Nurhidayatun
183104101186

                                                                                



Indonesia adalah bangsa yang menjunjung tinggi sopan santun terhadap sesama. Bangsa Indonesia terkenal kaya akan budayanya yang ramah kepada setiap pendatang,mulai dari warga lokal hingga warga manca negara.

 Negara yang memiliki asas saling menghormati, kaya akan budaya negara Indonesia juga kaya akan sumberdaya alamnya yang harus di jaga dengan sebaik mungkin.
Namun seiring perkembangan zaman remaja kehilangan etika sopan santunnya baik terhadap teman sebaya,bahkan orang yang lebih tua,padahal kesopanan dan keramah-tamahan adalah ciri khas dari Bangsa berlambang garuda ini. Apabila kita berkaca pada kehidupan Bangsa Indonesia saat ini,sungguh memprihatinkan.Banyak terjadi pergeseran mengenai budaya sopan santun,tak jarang banyak orang yang berani melakukan hal-hal yang dianggap tidak sopan,justru sekarang dianggap biasa.
Seperti yang di sampaikan oleh Leech (1993:207) “bahwa  seseorang harus bersikap arif,tidak angkuh,iri,dengki dan sebagainya serta sikap-sikap yang kurang sntun kepada lawan tutur” . Maksudnya adalah ketika kita bersikap kepada orang lain hendaknya kita menghindari keangkuhan,dan sikap sikap yang tidak santun.
Secara tidak langsung dengan kurangnya kita dalam bersopan santun dan bertatakrama telah menghilangkan jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia. Sebagai generasi Indonesia sudah menjadi sebuah keharusan  untuk menjaga warisan nenek moyang kita agar tidak hilang di telan zaman. Masa depan Indonesia bergantung pada kita generasi mudanya.

REFERENSI
Leech, Goeffery.      1993.      Prinsip-prinsip Pragmatik       (Ed.     Oka,    M.D.D). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

0 comments:

Post a Comment