12.3.19

MENGISI WAKTU LUANG DI LUAR KULIAH DENGAN KERJA PARUH WAKTU


Meilisa Sarkol
173104101175
Mata Kuliah Psikologi Umum II



Berawal dari tempat langganan untuk sekedar bersantai bersama teman-teman, sungguh tidak pernah terbayangkan dalam pikiran untuk saya bisa bekerja paruh waktu seperti yang sudah biasa nya sering saya lihat sendiri, Hingga sampai pada suatu hari kurang lebih 3 minggu yang lalu pada saat saya sedang bersantai di kedai tiba-tiba saja saya di beri tawaran oleh salah satu karyawaan yang berkerja. Kami sudah akrab biasa saya sapa dengan panggilan mbak Yuli. Tawaran untuk menjadi Waiters (pelayan) partime (patuh waktu) karna hanya membutuhkan tenaga tambahan untuk membantu mengantar kan pesanan ke meja-meja pelanggan.

Mendengar adanya sebuah tawarn untuk bekerja paruh waktu, saya pun sempat berfikir dan ragu karna saya belum pernah punya niat untuk memiliki pengalaman berkerja partime sambil kuliah,. Saya pun berpikir alangkah baiknya saya menerima perkerjaan tersebut, agar saya merasakan pengalaman yang baru dan melihat apakah saya memiliki potensi dalam diri untuk mampu menjalankannya . Majdi (2007) menjelaskan definisi potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya. Intinya, secara sederhana, potensi adalah sesuatu yang bisa kita kembangkan.
Setelah saya menjalani selama kurang lebih 3 minggu sabagai Waiters, dengan 1 minggu awal adalah masa tranning dan 2 minggu sudah berjalan lepas dari masa tranning, saya merasakan ternyata tidak mudah untuk bisa membagi waktu dan tenaga antara kuliah dengan pekerjaan partime, saya belajar bagaimana cara untuk berinteraksi pada pelanggan dengan baik karna banyak beragam sifat pelanggan yang berbeda-beda, belajar menguasai emosi diri dengan baik, belajar mempelajari hal baru dengan baik.

Di FlaFla Milk Shake jalan seturan dengan menu khusus minuman Milk Shake yang beragam-ragam dengan waktu operasional dari jam 11.00 samapi jam 23.00. Lokasi sangat strategis dan sangat terjangkau dari kos an saya, sehingga bisa saya jangkau hanya dengan berjalan kaki, salah satu alasan nya mengapa saya suka berkunjung ke FlaFla Milk Shake. Menu khusus minuman nya yang di sajikan sangat saya sukai, tempat nya juga nyaman dan fasilitas yang paling penting sangat di sukai anak milenial yaitu Wi-fi.


Pembelajaran yang saya ambil bagaimana memanfaatkan peluang yang ada, dan mengontol emosi saya sengan baik dalam keadaan apapun, seperti menurut Chaplin (1981) dalam Dictionary Of Psychology, emosi adalah sebagai suatu keadaan yang trangsang dari organisme mencangkup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku.

REFRENSI
Madji, Udo Yamin Effendi. 2007. Quranic Qoutient. Jakarta: Qultum Media
Chaplin, J.P., 1981, Kamus Lengkap Psikologi, Penerjemah : Kartono., Kartini., Raja Grafindo Persada, Jakarta


0 comments:

Post a Comment