27.3.19

MEMBAGI WAKTU UNTUK KULIAH DAN BEKERJA




MEMBAGI WAKTU UNTUK KULIAH DAN BEKERJA
Marsum
183104101187



Saat ini kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang aneh. Banyak mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja sambil kuliah agar bisa meringankan beban orang tua. Meskipun banyak mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja sambilan, tetapi tidak banyak dari mereka yang tahu bagaimana cara membagi waktu antara kuliah dan bekerja.
Agar aktivitas kuliah dan pekerjaan bisa berjalan berdampingan dan harmonis, kita harus pandai menentukan prioritas. Tentukan mana pekerjaan atau tugas kuliah yang penting dan harus diselesaikan terlebih dulu. Kerjakan semua kewajiban itu dengan baik dan sungguh-sungguh.
Bekerja sambil kuliah akan membuat kita merasa 24 jam yang dimiliki tidak pernah cukup. Karena itulah, mengerjakan beberapa hal secara bersamaan dapat menghemat waktu dan memudahkan kita menyelesaikan semua kewajiban dengan tepat.
Misalnya, sambil makan siang kita bisa membaca jurnal yang harus diulas untuk tugas kuliah. Kita juga bisa menyelesaikan urusan pekerjaan sekaligus mencari data-data untuk mendukung penelitian kita di kampus. Agar lebih efektif, bijaksanalah dalam memilih pekerjaan yang akan dilakukan secara bersamaan. Jika kita mampu melakukan hal ini, membagi waktu antara kuliah dan bekerja akan lebih mudah dilakukan.
Fokus adalah salah satu cara efektif agar kita bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Jika kita mampu fokus pada satu hal, pekerjaan tersebut menjadi mudah dan cepat diselesaikan sehingga kita bisa melakukan pekerjaan lain dengan waktu yang cepat pula.
Untuk bisa fokus, hindari hal-hal yang membuat kita lalai dan lupa waktu seperti bergosip dengan teman kuliah atau kantor, istirahat makan siang sambil jalan-jalan di mall atau begadang bersama teman indekos.

Membagi waktu antara kuliah dan bekerja seharuskan akan lebih mudah jika kita mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Gunakan laptop dan smartphone untuk menyelesaikan segala urusan kuliah dan kantor yang dirasa cukup mendesak.
Kita juga bisa memanfaatkan email dan media sosial untuk mengirimkan tugas atau pekerjaan yang tidak bisa diserahkan langsung ke dosen dan atasan. Supaya lebih efektif, gunakan waktu luang kita sebijak mungkin sambil memanfaatkan teknologi yang ada agar setiap tugas dan kewajiban bisa selesai tepat waktu.


Pembelajaran ini yang saya ambil Bagaimana memanfaatkan peluang yang ada, dan mengontrol emosi saya dengan baik dalam keadaan apapun, seperti menurut Chalpin (1981) dalam Dictionary Of Psychology, emosi adalah sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organisme mengcangkup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku.

Salah satu kunci agar kita bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja adalah dengan tidur dan istirahat yang cukup. Bagaimanapun tubuh yang sehat merupakan kunci kesuksesan dalam segala hal, termasuk ketika harus berkuliah sekaligus bekerja. Tidur dan istirahat yang cukup dapat membuat kita senantiasa fokus dan prima  sehingga mampu membagi waktu dengan baik dan bijaksana.
Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa inti dari kemampuan untuk membagi waktu terletak pada niat dan komitmen. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk bijak dalam memanfaatkan waktu.


Referensi:
Chaplin, J.P., 1981, Kamus Lengkap Psychology, Penerjemah: Kartono dkk. Grafindo Persada, Jakarta





0 comments:

Post a Comment