13.3.19

Masa Remaja yang perlu di pahami dengan benar

MASA REMAJA YANG PERLU DIPAHAMI DENGAN BENAR
Rizki oktama   18.310.410.1181
                             
                       


 
Masa remaja atau dalam bahsa Inggris disebut dengan adolesence yang berarti menuju kepada kematangan secara fisik, akal, kejiwaan dan sosial serta emosional. Hal ini mengisyaratkan bahwa pertumbuhan tidak berpindah dari satu fase ke fase lainnya secara tiba-tiba, tetapi pertumbuhan itu berlangsung bertahap.
        Istilah adolesence  juga mempunyai arti yang lebih luas, mencakup kematangan mental, emosional, dan fisik. Padangan ini diungkapan oleh Piaget bahwa secara psikologis, masa remaja adalah usia saat individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia saat anak tidak lagi merasa di bawah tingkat orang-orang yang lebih tua, melainkan berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak.

Demikian halnya transformasi intelektual yang khas dari cara berfikir remaja ini memungkingkannya untuk mencapai integrasi dalam hubungan sosial orang dewasa, yang kenyataannya merupakan ciri khas yang umum dari periode perkembangan ini.
Rentangan usia menurut Hurlock dijelaskan bahwa usia remaja antara usia 13/14 tahun sampai 17 tahun, dan remaja akhir 17 sampai 21 tahun. Pada sebagian remaja yang bermasalah mungkin saja terjadi penyimpangan,yang kuantitas dan intensitasnya akan berpengaruh pada masalah yang dihadapinya.

Daftar pusaka:
Mighwar, Muhammad Al –dkk. 2006. Piskologi Remaja  Bandung: CV . Pustaka Setia

0 comments:

Post a Comment