19.2.19

Psikologi berbagi inspirasi#2@SDN Serayu

Internet Sehat Untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Ningnurani, Fak: Psikologi
UP'45 Yogyakarta


Tidak bisa dipungkiri, jika perkembangan tehnologi dan internet pada era modern seperti sekarang ini sangat berpengaruh besar bagi kehidupan setiap orang dimuka bumi ini, mulai dari orang tua, remaja, sampai anak-anak. Internet di jaman sekarang sudah menjadi kebutuhan primer yang harus terpenuhi.

Internet memang merupakan dua sisi mata pisau yang tajam, bisa menjadi baik apabila kita bijak menggunakannya. Dan akan melukai serta berakibat fatal apabila kita salah dalam menggunakannya.

Melihat fenomena seperti ini, sangat mengusik jiwa saya sebagai seorang ibu, sebagai seorang pendidik dan sebagai mahasiswi, apalagi mahasiswi dari fakultas psikologi. Sebagai wujud kegelisahan ini, hari selasa ( 19/02/19 ), saya  melakukan acara "Psikologi Berbagi Kelas Inspirasi" di SDN Serayu Yogyakarta, khususnya kelas IV-A.

Pada kesempatan kali ini saya membawakan tema " Internet Sehat Untuk Anak Usia Sekolah Dasar". Acara kelas Inspirasi ini berlangsung dari pukul 13.00 wib dan berakhir pukul 14.30 wib. Yang dihadiri kurang lebih 30 peserta didik kelas 4A. Yang diawali dengan perkenalan, menonton video kisah inspirasi, materi, ice breaking lalu penutup. 

Sebagai inti dari materi ini disampaikan kepada anak-anak bagaimana cara memilih dan menggunakan situs-situs yang baik dan sesuai dengan usia mereka. Penggunaan Google kids, Youtube kids untuk situs perambaan serta pencarian sangat disarankan untuk anak-anak.  Pendampingan orang tua, serta pembatasan penggunaan internet atau gadget adalah hal yang perlu selalu kita tingkatkan.

"Jadi kita harus tetap bermain dengan teman-teman ya, misalnya bermain sepeda dan bermain bola dengan teman-teman diluar,,agar kita tidak kecanduan internet" Seperti yang diungkapkan oleh Tegar salah satu peserta didik kelas 4A.

Menyeimbangkan antara kebutuhan fisik, motorik, sosial, bahasa, serta membangun jiwa empati tidak bisa hanya dengan melalui internet dan media sosial. Tetapi perlu tindakan nyata dan pembelajaran dari keluarga, teman, serta lingkungan yang nyata pula. Internet adalah sarana kita untuk mendidik, mengarahkan anak-anak kita agar menjadi generasi yang mandiri, mampu bersaing dan membangun bangsa Indonesia ini agar kedepannya lebih maju lagi. 

Selamatkan anak-anak dari penjajahan internet yang menyerang bangsa ini. Karena di internet tidak pernah ada tawa canda, kehangatan keluarga dan tidak ada kasih sayang dari orang-orang terkasih kita. 


Ucapan terimakasih kepada :

1. Bapak Rektor UP 45, Ir. Bambang Irjanto
2. Ib. Warek 2, Dewi H, S Psi, Msi
3. Ib. Kaprodi,  Dr. Arundati Shinta MA
4. Bp Dosen UP 45, Fx. Wahyu W. S Psi,  MA
5. Ibu Wali kelas 4A, Ayun Spd
6. Anak -anak kelas 4A

Pemberian materi

Ice breaking

Foto bersama



0 comments:

Post a Comment