25.2.19

Kunjungan mahasiswa Psikologi ke RSJ Grhasia

Kami dari fakultas psikologi Universitas Proklamasi ditemani  dosen kami yang bernama FX Wahyu Widiantoro S.Psi M.Psi berkunjung ke RSJ  yang ada di jogja , yaitu RS  grhasia yang beralamat di Jalan Kaliurang KM.17, Pakembinangun, Pakem, Duwetsari, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Disana kami disambut dengan baik kami juga berkenalan dengan salah satu psikolog yang ada di RS grhasia . Sebelum kami bertemu dengan pasien yang ada disana ,Psikolog juga berbagi beberapa pengalaman yang beliau alami selama di RS Grhasia itu dan beliau juga menjelaskan tentang apa itu perilaku abnormal , Psikologi klinis , apa itu ODGJ . Dan sekilas disini kita membahas tentang salah satu pengertian psikologi klinis, dan salah satu pengertian tentang ODGJ .
Corsini mengatakan bahwa Pengertian Psikologi Klinis merupakan cabang psikologi yang bersifat spesialis dalam studi, prevensi, diagnosis dan penanganan gangguan-gangguan perilaku dan gangguan mental dan tekanan-tekanan mental yang negatif
ODGJ (orang dengan gangguan jiwa ) Gangguan jiwa adalah gangguan pada satu atau lebih fungsi jiwa. Gangguan jiwa adalah gangguan otak yang ditandai oleh terganggunya emosi, proses berpikir, perilaku, dan persepsi (penangkapan panca indera). Gangguan jiwa ini menimbulkan stress dan penderitaan bagi penderita dan keluarganya (Stuart & Sundeen, 1998).
Perilaku abnormal (abnormal behavior) bagi para ahli psikologi seringkali disebut dengan gangguan perilaku (behavior disorder), atauadajuga yang menyebutnya lagi dengan mental illness (Morgan dkk., 1984).
Disini alasan saya masuk atau memilih fakultas psikologi adalah saya ingin mengenal tentang perilaku perilaku manusia , dan psikologi klinis menurut saya cukup menarik , dengan mengenal odgj dan abnormal menurut saya itu menyenangkan . Bertemu dengan pasien yang ada di rs itu pun saya tertarik dan senang  . Saya pernah mendengar cerita kalau ada odgj yang ada di pinggir jalan itu dihina , di maki maki , di usir ataupun diperlakukan  dengan cara tidak baik , menurut saya itu sebaiknya kita merespon mereka dengan berperilaku dengan baik .Karena  odgj itu manusia sama seperti kita juga manusia , hanya saja mereka menderita gangguan jiwa yang butuh penanganan khusus sedangkan kita tidak menderita gangguan jiwa. Kita sama sama juga makan nasi , sama sama juga bisa bernafas . Jika ada odgj yang merugikan orang lain seperti membawa senjata tajam lari lari seperti itu , silahkan untuk menghubungi pihak yang bisa mengatasi odgj itu . Jangan hanya dengan tindakan sendiri yang bisa merugikan odgj dan org itu sendiri .karena odgj itu juga mempunyai perasaan dan hati .
Sumber :  Buku dalam Penulisan Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Pakar :
– Sutardjo A. Wiramihardja, 2007. Pengantar Psikologi Klinis. Yang menerbitkan PT Refika Aditama : Bandung.
- elearning.gunadarma.ac.id Bab8abnormalitas

0 comments:

Post a Comment