17.1.19

Seminar Psikologi 2018

SEMINAR PSIKOLOGI 2018

Kasus kekerasan (bullying) marak terjadi dari tahun ke tahun. Fenomena ini membawa penjelasan bahwa masyarakat belum sepenuhnya mengerti mengenai bullying, apa yang menyebabkan individu melakukan bullying, bagaimana bentuk-bentuk tindakan bullying, bagaimana dampaknya bagi pelaku, korban, dan saksi, serta bagaimana cara mencegah dan menangani tindakan tersebut. Oleh karena itu, Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menggelar Seminar Psikologi dengan tema “Pribadi Positif, Dukurng Anti Bullying” pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.
Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih akurat mengenai fenomena bullying tersebut serta mengembangkan pemahaman pada seluruh audiens mengenai pribadi positif, sebagai upaya untuk mendukung anti bullying.
Acara yang dimoderatori oleh bapak Drs. Indra Wahyudi, M.Si. tersebut mengundang narasumber dari berbagai kalangan, yakni Ibu Riana Cahyani, seorang penulis Buku Anti Bullying; bapak DR. Armunanto, MPH., selaku CFD Specialist UNICEF; Ibu Dra. Muslimah Zahro Romas, M. Si., selaku dekan Fakultas Psikologi UP 45; dan Ibu M.J. Retno Priyani, M. Si., selaku salah satu dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma.

Selama jalannya acara, peserta tampak antusias dan memperhatikan para narasumber yang memberikan materi. Beberapa ada yang bertanya dan sharing mengenai pengalamannya tentang bullying juga mengenai cara penanganannya. Peserta tampak puas dengan berbagai uraian yang disampaikan oleh para narasumber. Hal itu terlihat dari hasil lembar evaluasi yang telah mereka tuliskan.

Acara ini dimeriahkan oleh para cosplay Three Sannin yang memerankan drama bertema bullying. Selain cosplay, acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan psikoband dari Fakultas Psikologi dan juga banyaknya doorprise yang disediakan oleh panitia.

Acara seminar ini mampu berjalan dengan sukses karena kekompakan dari tim panitia, kerjasama, serta koordinasi yang baik. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi di depan publik maupuaun dalam menjalin kerjasama. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini serta para sponsor yang telah banyak berkontribusi dalam acara kami.




0 comments:

Post a Comment