17.1.19

GIAT MENABUNG SAMPAH


LAPORAN KEGIATAN GIAT MENABUNG SAMPAH

NURUL WIDIASTONI
163104101152
PSIKOLOGI INOVASI



            
I.     IDENTIFIKASI KEGIATAN
a.     Nama Kegiatan/Acara
Giat Menabung Sampah
b.     Tempat/Waktu
RT 03 Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, YK
Penyetoran 15 Januari 2019
c.      Jumlah Peserta
15 Penghuni/warga Kos “Mbah Kadri”
II.  Latar Belakang & Tujuan Kegiatan
            Berangkat dari keprihatinan dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah khususnya sampah plastik yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari dan kita membuangnya begitu saja di tempat sampah. Melihat sampah plastik yang begitu banyak berceceran di tempat sampah seperti refill minyak goreng, kopi kapal api, sunlight, botol minuman, dll. Sepertinya sangat perlu sekali untuk di kumpulkan untuk di manfaatkan kembali. Bentuk dari pemanfaatan itu bisa di gunakan untuk menanam tanaman seperti bunga, cabai, buah strawberri, sayur-sayuran, dsb. Bisa juga di setorkan ke bank sampah untuk di tabung.
            Tujuan dari kegiatan ini adalah memanfaatkan sampah plastik untuk di gunakan kembali dan menjadikan sampah menjadi nilai ekonomis dengan di setorkan ke bank sampah. Selanjutnya tanaman itu di letakkan di depan kos dan uang dari hasil sampah itu di gunakan untuk kepentingan bersama seperti membeli jajan, membeli token listrik dsb.
            Kegiatan ini di lakukan di area tempat kos yang terdiri dari 10 kamar dengan penghuni yang berjumlah kurang lebih 15 orang. Kegiatan ini di awali dengan memberi pengertian akan pentingnya pemanfaatan sampah, khususnya sampah dapur/rumah tangga. Para penghuni kos di minta untuk mengumpulkan sampah mereka, yang terdiri dari plastik dan kertas di tempat yang berbeda.
III.              Peran dalam Kegiatan
Peran saya pada kegiatan sederhana ini adalah menjadi fasilitator. Karena menurut saya ini adalah salah satu dari inovasi dalam mencintai dan melestarikan lingkungan. Apalagi penghuni kos sebagai seorang pendatang yang berasal dari latar belakang dan asal yang berbeda untuk selalu mencintai lingkungan dimanapun mereka berada.
IV.              Manfaat Kegiatan
Kegiatan ini bermanfaat bagi :
1.     Indididu
Proses belajar dalam melatih diri untuk berhubungan dengan orang lain, memulai hal baru, kepemimpinan dalam suatu kegiatan, dan  menumbuhkan jiwa sosial berupa mencintai lingkungan dengan pemanfaatan sampah
2.     Warga /penghuni kos
Lingkungan kos menjadi indah, cinta lingkungan, jajan dan beli token listrik
V.                Kesimpulan & Rekomendasi
Kegiatan ini sangat sederhana sekali tetapi mempunyai  manfaat  yang besar dalam pengelolaan sampah. Kelemahan acara ini adalah masih dalam lingkup yang kecil, harapanya bisa ke lingkup yang lebih luas lagi dalam pengelolaan sampah.




0 comments:

Post a Comment