19.12.18

KEGELISAHAN INI KERAP DI RASAKAN ORANG INTROVET



FADLI AMIN ( 15 310 410 1100 )

       Carl Gustav Jung (1875-1961) adalah orang pertama yang merumuskan tipe kepribadian manusia dengan istilah ekstrovert dan introvert, serta menggambarkan empat fungsi kepribadian manusia yang disebut dengan fungsi berpikir, pengindera, intuitif, dan perasa.
Introvert adalah suatu orientasi kedalam diri sendiri. Secara singkat seorang introvert adalah orang yang cenderung menarik diri dari kontak social. Minat dan perhatiannya lebih terfokus pada pikiran dn pengalamannya sendiri. Seorang introvert cenderung merasa mampu dalam upaya mencukupi dirinya sendiri, sebaliknya orang ekstrover membutuhkan orang lain.
         Jung menguraikan perilaku introvert sebagai orang pendiam, menjauhkan diri dari kejadian-kejadian luar, tidak mau terlibat dengan dunia objektif, tidak senang berada di tengah orang banyak, merasa kesepian dan kehilangan di tengah orang banyak. Ia melakukan sesuatu menurut caranya sendiri, menutup diri terhadap pengaruh dunia luar. Ia orang yang tidak mudah percaya, kadang menderita perasaan rendah diri, karena itu ia gampang cemburu dan iri hati. Ia mengahadapi dunia luar dengan suatu system pertahanan diri yang sistematis dan teliti, tamak sebagai ilmuan, cermat, berhati-hati, menurut kata hati, sopan santun, dan penuh curiga.
Menjadi seseorang yang introvert mungkin membuat nyaman bagi sebagian besar orang. Mereka yang memiliki kepribadian introvert senang menyendiri dan sulit berbaur dengan orang lain. Tak sedikit dari mereka yang kerap menikmati dunianya sendiri tanpa peduli dengan orang lain.
Meski menurutnya membuat nyaman, ternyata menjadi pribadi yang introvert memiliki banyak masalah yang kerap dirasakan. Berikut ini deretan masalah yang hanya dimengerti oleh orang-orang introvert.

Kesepian
Meski sebagian besar orang introvert senang akan kesendirian, namun di hati yang terdalam mereka juga ingin memiliki teman curhat untuk berbagi cerita. Hanya saja dia butuh seseorang yang benar-benar dipercaya dan membuatnya nyaman untuk dijadikan teman curhat tersebut.
Suasana Hati Tak Stabil
Orang yang introvert memiliki suasana hati yang sering tak merasa stabil. Suatu ketika dia bisa merasa sangat bahagia namun dengan seketika saja dirinya bisa merasa sangat kesepian. Meski orang-orang melihat dirinya biasa saja, tak jarang orang introvert memiliki banyak perasaan yang tak bisa diungkapkan.
Sulit ungkapkan perasaan
Jarang bersosialisasi membuat orang introvert kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya. Mereka sering menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk mengungkapkan perasaan maupun pemikirannya.
Rentan depresi
Tak sedikit orang introvert yang suka memendam masalahnya sendiri. Hal ini membuat dirinya mudah kecewa dan inilah yang membuatnya rentan depresi.

Sumber
www.liputan6.com
https://psikologiuhuy.wordpress.com/2010/04/05/teori-kepribadian-carl-gustav-jung/




0 comments:

Post a Comment