24.12.18

DRAMATIC PLAY COSPLAY DALAM ACARA SEMINAR PSIKOLOGI “ PRIBADI POSITIF DUKUNG ANTI BULLYING”






NAMA  : RENI SURYANI
NIM : 173104101169

            Permainan kostum atau cosplay adalah istilah bahasa inggris buatan jepang yang berasal dari gabungan kata “costume” dan “play”. Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta asesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video,penyanyi dan musisi idola bisa juga film kartun. Pelaku permainan kostum disebut pemain kostum atau cosplayer.

                                                                                                                             
         Didalam acara seminar psikologi universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang bertema “ Pribadi Positif dukung anti bullying” panitia mengundang tim cosplay “ 3 sannin” yang beranggotakan 6 orang yaitu teriri dari leader Muhammad Firman sebagai Jiraiya , beliau merupakan cosplayer asal Kendari  Sulawesi Tenggara yang sudah bergabung  di cosplay jejepangan di jogja dalam waktu satu tahun ini. Beliau selalu mengikuti lomba baik event jepang festival besar maupun kecil selalu mendapatkan juara dan penghargaan karena niat dalam mengikuti lomba. Kedua Switarto Nugroho sebagai Orochimaru, beliau cosplayer asal Purworejo , yang selalu mengikuti lomba di luar kota, bahkan sampai di Jakarta saat acara Little Tokyo Ennichisai 2018.


         Ketiga Salma Humaidah  sebagai Tsunade cosplayer asal Purwokerto yang menempuh pendidikan jurusan dokter hewan di UGM Yogyakarta. Keempat Aris Nurul Hidayati sebagai Shizune  cosplayer asal Magelang yang sudah bergabung sejak 2015 dan merupakan mahasiswa pendidikan bahasa inggris di Universitas Tidar Magelang. Kelima ada Galih Restu  sebagai naruto merupakan cosplayer baru dan pelajar SMP N 5 Depok. Keenam ada Galih Kusuma sebagai kabuto, dia cosplayer sejak tahun 2015, dan berasal dari Wonosobo, dia juga menempuh pendidikan di universitas Tidar Jurusan pendidikan bahasa Inggris.


     3 sannin nama yang mereka pilih, karena mereka sama-sama mengikuti series naruto dari episode awal sampai akhir, bahkan film naruto inilah yang membuat mereka menjadi 1 tim yaitu 3 sannin. Sannin berarti 3 ninja. Sannin adalah julukan yang diberikan Hanzou kepada Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru pada saat akhir peperangan antara negeri Api dan negeri Hujan. Hanzou sangat terkesan dengan kemampuan mereka bertiga karena dapat bertahan dalam perang tersebut.


         Saat membawakan dramatic play dalam seminar, mereka meceritakan bahwa Jiraiya,Tsunade, dan Orochimaru adalah teman sejak kecil. Namun karena ambisi Orochimaru mereka berpisah bahkan bermusuhan . singkat cerita Orochimaru membully Sunade karena tidak mau menolongnya , berkat bantuan Jiraiya dan Naruto akhirnya Orochimaru mengakui kesalahannya dan mereka kembali berteman.


          Pertama kalinya acara seminar Psikologi UP45 terdapat cosplay, karena biasanya cosplay hanya ada diacara tertentu seperti “ japan festival” dll. Antusias para peserta seminar baik dari kalangan  dosen, LSM, guru, mahasiswa dan umum mereka sangat menikmati penampilan dramatic play bullying ini. Pesan moral sampai ke penonton, bahwa bullying itu merupakan kekerasan bagi anak-anak dan memberikan dampak negative dimasa depan.


     Menurut leader tim 3sannin , acara ini sangat menarik , apalagi membahas tentang bullying ,karena banyak orang awam yang belum mengetahui dampak buruk bullying. Tim 3 sannin sangat bangga karena diberi kesempatan untuk mengisi acara seminar psikologi UP45. Semoga di tahun depan tim psikologi dapat mngadakan acara seminar yang penuh dengan kejutan. Tak lupa ucapan terima kasih kepada bapak FX.  Wahyu Widiantoro , S. Psi,. MA yang telah memberikan kesempatan tim cosplay 3 sannin untuk berpartisipasi dalam acara seminar psikologi " Pribadi positif dukung anti bullying".




Video Penampilan 3 Sannin

0 comments:

Post a Comment