30.11.18

KUNJUNGAN STUDI MAHASISWA PSIKOLOGI UP45 DI RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA DIY



KUNJUNGAN STUDI MAHASISWA PSIKOLOGI UP45
DI RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA DIY

 
 
Kunjungan Studi Mahasiswa Psikologi UP45 di Rumah Sakit Jiwa Grhasia DIY merupakan salah satu kegiatan rutin disetiap semester yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45. Kehadiran 35 mahasiswa perwakilan dari Fakultas Psikologi disambut dengan hangat oleh Kabid. Pelayanan Perawatan Bapak Amin Subargus, SKm., M.Kes. Dijelaskan tentang Sejarah dan ruang lingkup pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Jiwa Grhasia, di Graha Litbang, RSJ Grhasia yang beralamatkan di Jl. Kaliurang KM. 17, Pakembinangun, Sleman, DIY, pada, 26 November 2018.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Psikolog RSJ Grhasia, Ibu Aril Halida M.Psi. Pemaparan tentang abnormalitas, serta sharing kasus pasien yang sering dihadapi oleh profesi psikolog yang bertugas di Rumah Sakit Jiwa. Salah satu pemaparan beliau yaitu mengenai tanda-tanda dari depresi, tanda-tanda ini muncul dengan terus menerus serta berlarut-larut, beberapa tanda tersebut yakni, mengenai mood atau suasana hati negatif dengan mudahnya berubah dalam jangka waktu yang singkat, individu kehilangan akan minatnya, individu selalu merenung dengan perasaan bersalah, selalu merasa putus asa dan merasa akan ketidakberhagaan akan dirinya di dunia, individu yang memiliki permasalahan akan sulitnya berkonsentrasi, individu yang memiliki kehilangan nafsu makan, individu yang kehilangan kesenangan, selalu mempunyai keinginan untuk membunuh diri, serta kemampuan memori yang menurun. “Dalam menghadapi pasien, mereka akan lebih mampu mengerti dan memahami apabila memperjelaskan masalahnya secara biologis, jadi sebagai seorang psikolog harus memiliki pengetahuan luas mengenai hal itu supaya mampu dalam menyampaikan atau menjelaskan akar permasalahan pada pasien” Ungap Ibu Aril Halida M.Psi.

Kegiatan selanjutnya mahasiswa diajak berkeliling bangsal yang ada di RSJ Grhasia untuk melakukan observasi dan wawancara langsung dengan pasien. Sebelumnya mahasiswa telah dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempermudah kegiatan observasi dan wawancara. Saat melakukan observasi pada lingkungan RSJ Grhasia, terdapat 7 bangsal yang ada di sana salah satunya yaitu bangsal Drupadi, yang berisikan 12 orang wanita dewasa. Pada kesempatan itu, salah satu kelompok mahasiswa berkesempatan mewawancarai salah satu pasien yang ada di bangsal Drupadi, pasien merupakan seorang ibu-ibu yang berusia 47 tahun, beliau menceritakan mengenai latar belakangnya serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama berada di bangsal. Secara sekilas pasien sangat terlihat normal tanpa menunjukkan gangguan-gangguan jiwa pada umunya, karena pasien mampu berkomunikasi dengan baik serta memandu para mahasiswa untuk berkeliling melihat ruangan yang berisikan kamar nya dan teman-temannya, namun ternyata ia menyadari bila pada malam hari ia mulai merasakan kekosongan, serta tidak bisa mengontrol diri dan emosinya apabila hal itu telah terjadi. 

Terakhir acara ditutup dengan diskusi hasil observasi yang dilakukan oleh para mahasiswa dengan petugas Rumah Sakit dan diakhiri pemberian cendramata dari Universitas Proklamasi 45 untuk RSJ Grhasia sebagai tanda terima kasih untuk kesempatan kunjungan kali ini. Mahasiswa merasa sangat terbantu untuk lebih memahami teori yang selama ini mereka pelajari. ”Dengan mengikuti kegiatan kunjungan ini saya dapat lebih memahami faktor-faktor penyebab, klasifikasi dan metode penanganan berupa terapi pada penderita gangguan jiwa”, ungkap Asep Singgih Wijanarko salah satu mahasiswa peserta kunjungan. Kunjungan ini pun dimanfaatkan Mahasiswa sebagai kuliah lapangan untuk langsung berinteraksi dengan para pasien yang berada di RSJ Grhasia, belajar memahami beberapa permasalahan yang dialami pasien sehingga memperbanyak sumber pengetahuan yang mampu di kaitkan dengan teori-teori perkuliahan
Fx. Wahyu Widiantoro, M.A., selaku dosen pendamping kegiatan menjelaskan bahwa tujuan kegiatan kunjungan diharapkan mampu mengajak mahasiswa agar dapat mengenal lebih dekat dan belajar pada  institusi yang berhubungan langsung dengan pengaplikasian ilmu Psikologi.



0 comments:

Post a Comment