27.10.18

Psikologi inovasi#Inspirasi kelas

Psikologi Inovasi Berbagi Inspirasi
Ningnurani, Fak: Psikologi
UP 45 Yogyakarta

Berinovasi itu hanya bisa dilakukan ketika kita ingin berubah. Dan perubahan itu bisa terwujud  apabila ada kemauan dari kita untuk bergerak dan meninggalkan zona aman serta nyaman kita. Merasa aman dan nyaman apabila seseorang sudah merasa puas dengan hasil, rutinitas, dan lingkungan yang selalu sesuai dengan ekspektasi.

Akan tetapi adalah pribadi yang hebat, yang bermental sehat yang mampu menerima tantangan dan berani menantang diri sendiri sampai sejauh mana limit diri yang bisa dilakukan. Bukan suatu halangan dan rintangan ketika lingkungan, teman dan bahkan kondisi yang tidak bersahabat itu menjadi faktor penghambat.

Inovasi justru lahir dari jiwa-jiwa yang selalu menghadapi hal-hal yang tidak berjalan beriringan dengan pemikiran ataupun keinginan. Karena suatu perubahan itu memang akan berbeda dari yang biasanya.

Sebagai wujud nyata inovasi, dan sebagai terapan ilmu psikologi inovasi, Ningnurani mahasiswi fakultas psikologi UP 45 angkatan 2016, mendapat kesempatan dengan cara " Menjual diri " dan diterima sebagai narasumber pada "Kelas Inspirasi" yang diadakan salah satu SDN Terfavorit di kota Yogyakarta. 

Kelas inspirasi ini berlangssung pada hari jumat, 26 oktober 2018, di ruang kelas 4A yang dihadiri sekitar 30-an murid di kelas tersebut. Kelas inspirasi ini mengambil tema "Stop Bullying Pada Pelajar Sekolah Dasar".

Selain menjelaskan tentang apa itu bullying, sebagai nara sumber, juga diselipkan bagaimana pelaku dan korban bullying itu ditinjau dari ilmu psikologi. Acara ini berlangsung dari pukul 13.00 w.i.b dan berakhir pada pukul 14.00 w.i.b

"Psikologi itu keren yaa..dan bisa memberi manfaat bagi orang lain". Seperti yang dituturkan Abel, salah satu siswa kelas 4a tersebut.

Teruslah berinovasi apapun dan bagaimanapun kondisi lingkungan anda. Karena perubahan dan inovasi itu selalu dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang terbaik.

Ucapan terimakasih :
1. Ib. Dr. Arundati Shinta 
2. Ib. Dewi Handayani, Warek II UP 45 Yk
3. Bp. Fx Wahyu Widiantoro, M.Psi.MA
4. Ib. Fitri walikelas 4a 
5.Teman -teman sekelas yang telah memberikan semangat dan dukungannya.


Pemberian materi






0 comments:

Post a Comment