24.9.18

Review : Pengaruh psikologi komunitas dalam psikologi klinis


Hubungan psikologi komunitas dalam psikologi klinis



Fadli Amin
( 15 310 410 1100 )



    Psikologi komunitas merupakan sebuah pendekatan untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental dengan menciptakan tindakan yang bersifat memperbaiki, menciptakan tranformasi pola interaksi interaksi individu dengan lingkungannya, serta melibatkan institusi/lembaga untuk lebih efisien dalam menginternalisasi nilai-nilai dari kelompok sosial yang secara dominan berpengaruh pada individu yang memiliki permasalahan.

    Psikologi komunitas berperan  untuk mencegah terjadinya permasalahan klinis pada tingkatan sosial yang ada. Dapat di artikan juga sebagai tindakan  intervensi psikologi sosial pada perkembangan permasalahan sosial , yang terdapat pembagian antara tingkatan dari intervensi pencegahan yakni pencegahan primer, pencegahan sekunder dan juga pencegahan terier.

     Yang di maksud Pencegahan primer yaitu usaha untuk mencegah sebuah masalah yang terjadi secara umum dan juga bersamaan atau permasalahan yang terjadi paling awal pada situasi yang memungkinkan terjadi. Sementara pencegahan sekunder adalah usaha untuk mengatasi masalah di situasi yang mungkin terjadi pertama kalinya sebelum hal tersebut semakin parah dan pencegahan terier adalah usaha untuk mengurangi kekuatan masalah yang terjadi dari sebuah kejadian terus menerus.

 Dari sedikit review di atas bisa kita ambil beberapa point penting tentang peranan psikologi komunitas dalam psikologi klinis : 

1 . Psikologi komunitas berpartisipasi untuk merancang atau membuat pola - pola kegiatan pelayanan sosial atau berupa lembaga sosial masyarakat serta memberikan evaluasi terhadap program tersebut 

2.  Psikologi komunitas bisa di jadikan sebagai media penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menganalisa masalah -masalah sosial dari masyarakat , melakukan penelitian mengenai sikap-sikap masyarakat yang normal maupun abnormal , serta mengevaluasi program -program sosial tertentu.

3. Secara Profesional berpartisipasi aktif dalam program  gerakan - gerakan sosial bagi pengembangan masyarakat, termasuk juga merancang lingkungan sosial yang dapat memperkecil kesulitan - kesulitan penyesuaian dan memperluas kesempatan pengembangan pribadi di lingkungan sosial tersebut. 




Referensi ;

Fithriyah lailatul & jauhar mohammad, 2014.  Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : Prestasi Pustaka.

0 comments:

Post a Comment