25.9.18

Artikel#psi#klinis#5

Cinta Kasih Yang Berujung Petaka
( Pembunuhan yang dilakukan anak terhadap Ibunya, di Tinjau dari Kesehatan Mental )

Ningnurani ( 16.1146), Fak : Psikologi
UP 45 Yogyakarta


Kebutuhan akan kasih sayang, penghargaan dan bounding  antara anak dan ibu khususnya  sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak. Karena masa itulah yang akan menentukan dan menjadikan seperti apa kelak anak akan menjadi pribadi dalam kehidupannya.
Faktor heriditas  dan lingkungan adalah faktor yang paling berpengaruh besar dalam pembentukan karakter anak.

 Suffering adalah ketika adanya perasaan, pikiran dan  perilaku yang tidak nyaman serta  membuat individu merasa menderita. Ketika anak melewati satu fase/ tahap perkembangan saat masa kecilnya sering kali kegagalan tersebut mengakibatkan terjadinya kesehatan mental yang menganggu. 

Anak yang sanggup melakukan tindakan keji dengan menghilangkan nyawa ibunya sendiri adalah satu fenomena yang kian mengerikan dan terjadi di tengah-tengah kita. Ketika anak memiliki sifat unpredictable, apapun bisa terjadi. Dan orang disekelilingnya tidak akan pernah tahu apa yang sesungguhnya ada dalam pemikiran orang tersebut. 

Tindakan irational yang sudah dilakukan anak tersebut merupakan salah satu ciri dari adanya ganguan kesehatan mentalnya.  Seandainya penanam mental yang sehat sedini mungkin sudah ditanamkan oleh orang tua dan dukungan dari lingkungan yang baik, pasti akan menciptakan mental yang sehat.


Sumber :  Tribun news.com, edisi : 25 sept 2018




       

0 comments:

Post a Comment