10.7.18

SAMPAH RUSAK KEINDAHAN PANTAI GLAGAH



Fatkhul aziz
Psikologi lingkungan

SAMPAH RUSAK KEINDAHAN PaNTAI GLAGAH
            Sekarang di jogja lagi booming  banyak tempat wisata baru tentu saja itu kabar baik bagi warga jogja karena akan menguntungkan bagi warga sekitar tempat wisata, tentu saja warga sekitar wisata akan mendapatkan rejeki dengan banyakanya wisatawan. Dengan adanya fenomena ini pastai ada sisi negatifnya juga, yaitu semakin tinggi wisatawan berdatangan semakin tinggi sampah berserakan , seperti yang terjadi di pantai glagah kecamatan temon kabupaten kulonprogo , pada masa libura lebaran tahun ini berbagai sampah berserakan.
            Pada masa liburan lebaran kemaren pengunjung mencapai 14022 orang , coba di kalkulasikan tiap orang bawa sampah 1 ons jadi 1402,2 kg atau 1,4 ton sampah  menari di pantai glagah kalau ini di biarkan nasibnya akan seperi orang betawi tersingkir dari tanah kelahirannya, jakarta jadi  lautan air pantai glagah akan tergusur oleh lautan sampah...sehingga lautan air akan bermigrasi ke pegunungan . ingat alam ini bukan warisan nenek moyang tapi titipan dari anak cucu .

            Fenomena koloni sampah adalah tanggung jawab bersama oleh karena itu mulailah berbuat dari paling yang sederhana dengan menerapkan teori behavior yaitu teori perilaklu kebiasaan ,,,biasakanlah diri kita jangan buang sampah sembarangan,,biasakanlah diri kita kalau belanja menolak kalau di beri plastik ada pepatah lama yaitu sedikit demi sedikit akan menjadi bukit ...sedikit demi sedikit menolak mengkonsumsi plastik koloni sampah terlimit.

Sumber
Harian kedaualatan rakyat , jum’at 22 juni 2018 halaman 16

0 comments:

Post a Comment