10.7.18

Gunung Sirnalanggeng Rusak, Ribuan Orang Bakal Demo Bupati Karawang

Yona Sahputri L
16.310.410.1136
Psikologi Lingkungan
KARAWANG - Ribuan orang dari 15 elemen pencinta lingkungan bersama petani akan mendatangi kantor Bupati Karawang pada Rabu (9/5/2018). Mereka menuntut agar bupati Cellica Nurachadiana menyelamatkan gunung Sirnalanggeng, di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang rusak parah akibat kegiatan penambangan.

Jika Bupati tidak berani menutup kegiatan pertambangan tersebut para aktivis lingkungan ini akan menutup akses jalan yang dilewati truk pengangkut hasil tambang.

"Kami sudah cukup sabar menunggu sikap tegas bupati, karena kegiatan pertambangan tersebut sudah merusak Gunung Sirnalanggeng beserta segala isinya. Disana sudah berdiri sejak lama PT. Atlasindo yang menggali batu-batuan yang bernilai ekonomis. Namun kegiatan perusahaan tambang tersebut tidak memberikan manfaat apa-apa buat Karawang, malah sebaliknya gunung Sirnalanggeng semakin rusak akibat penambangan," kata salah seorang aktivis lingkungan Nace Permana, Selasa (8/5/2018).

Menurut Nace untuk menghentikan aktivitas pertambangan di Gunung Sirnalanggeng, koalisi LSM dan Ormas yang peduli lingkungan akan bergabung untuk menyampaikan aspirasinya ke kantor bupati.

Sebanyak 15 LSM dan Ormas sudah menyatakan kesanggupannya untuk hadir dalam aksi di kantor bupati nanti. Berdasarkan data jumlah yang akan hadir mencapai ribuan orang, termasuk para petani yang lahannya habis akibat pertambangan tersebut.

"Jumlahnya mencapai ribuan karena setiap LSM atau Ormas akan membawa sedikitnya 200 orang anggotanya dengan atribut masing-masing. Meski jumlah yang hadir banyak kami tetap akan menjaga kondusifitas Karawang," pungkasnya. (nag)
SINDOnews, Selasa, 8 Mei 2018

0 comments:

Post a Comment