6.5.18

FrenPsi@UMP#Purwokerto


Pemberdayaan Individu dan Masyarakat Untuk Membangun Bangsa Yang Beradab


Ningnurani (16.1146 ) Fak: Psikologi UP 45 Yogyakarta



Pemberdayaan individu ataupun kelompok serta masyarakat bisa di lakukan dengan berbagai hal.
Salah satunya adalah adanya "Konferensi Nasional Psikologi" ( FrenPsi)  di UMP Puwokerto.  Konferensi ini diselenggarakan pada hari sabtu,  tanggal 5 Mei 2018 dari pukul 08.30 - 16.00 wib. Dari UP 45 mengirimkan 4 mahasiswa yang berangkat dari Yogyakarta menggunakan kereta api yang betangkat  pada pukul 07.10 menit dan tiba di UMP pukul 11.45 wib.  Semua akomodasi serta kontribusi call paper di subsidi oleh Bp. Wahyu widiantoro, Dosen Fak. Psikologi UP 45.

Kegiatan ini dihadiri dari berbagai elemen mahasiswa S1,  S2 maupun S3 dari Seluruh Indonesia,  diantaranya Universitas Islam Sultan Agung Semarang,  Universitas Muhammadiyah Semarang,  Univeritas Muhammadiyah Banjarmasin,  UTY Yogyakarta,  UAD Yogyakarta,  Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta,  Universitas YARSI, UMP,  UII Yogyakarta,  IAIN Pekalongan dan UP 45 Yogyakarta. Dan di ikuti oleh kurang lebih 300-an peserta. 

Diawali seminar yang bertema " Pemberdayaan Individu dan Masyarakat Untuk Membangun Bangsa Yang Beradab ". Dengan pembicara Dr.  Bagus Riyono, M. A ( Dari UGM ), Rita Pranawati, M. A ( Komisi Pemberdayaan Anak Indonesia ), DR. Nur 'Aeni, Msi ( Fakultas Psikologi UMP ). Dilanjutkan presentasi dari Call Paper yang sudah diterima oleh pihak UMP. 

Presentasi Call Paper di bagi menjadi 2 sesi.  Sesi pertama di mulai dari pukul 09.00 - 12.00. Dan Sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 -16.00 wib. Untuk presentasi paper dari UP 45 mendapatkan sesi kedua. Perwakilan dari UP 45 ada 2 tim. Tim I terdiri dari 2 orang yaitu Ningnurani ( Fak. Psikologi kls B'16)  dan Emilliano Domingos Lemos ( Fak. Psikologi Klas A'16 ) yang membawakan paper berjudul "  Mengenal Dan Mendampingi Anak Slow Learner: " Pemberdayaan Tenaga Pendamping Kelimpok Bermain Di Cokrokusuman Yogyakarta".  Tim 2 diwakili oleh Ana Istiqomah dan Meisy Bella Sari ( Fak.  Psikologi klas A'16 ) dengan tema paper " Peningkatan Kapasitas Bagi Kader Bina Keluarga Remaja, Kecamatan Danurejan Yogyakarta".

Presenter dari tim I dibawakan oleh Ningnurani, di ruang J. IV 03 dan presenter tim 2 oleh Ana Istiqomah di ruang J. IV 01. Di ruang J. IV 03 tim 1 berhadapan dengan 5 tim lain dari seluruh Indonesia.  Dan mendapatkan kesempatan pertama kali untuk presentasi.  Diskusi - Diskusi yang dilakukan berjalan sangat interaktif. Misal saja tim I harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Bp.  Gede yang notabene adalah mahasiswa S2 dari Jakarta. Karena persiapan yang matang  dan kemampuan presenter yang baik,  segala pertanyaan yang diajukan bisa dijawab dengan baik serta tepat pula. Dan di saat mahasiswa dari universitas yang ada di Jakarta presentasi, dari mahasiswa UP 45 juga mengajukan pertanyaan kepada presenter tersebut yang notabene sudah semester  8. Akan tetapi pertanyaan dari kami yang masih mahasiswa semester 4 tidak bisa terjawab dengan sempurna sehingga harus dibantu oleh moderator serta mahasiswa dari pihak lain untuk menjawab pertanyaan kami.  Itu menandakan jika,  kemampuan mahasiswa UP 45 dan mentalnya tidak kalah bersaing dengan mahasiswa yang lebih senior  dari universitas yang terbaik di Indonesia.  

Kemampuan,  kemauan,  rasa ingin tahu, dukungan, semangat belajar yang kuat serta didikan mental yang luar biasa dari para dosen UP 45 khususnya semua Dosen Fakultas Psikologi, sangat nyata hasilnya.  Walau kita dari Universitas yang  katanya masih dibilang belum terbaik,  namun pada kenyataannya mahasiswa Psikologi angkatan 2016 mampu membuktikan jika sarana,  prasarana,  dan kondisi kampus bukan suatu halangan untuk menunjukkan prestasi agar bisa setara dengan kampus -kampus lain yang dianggap jauh lebih baik.  Ini bisa di buktikan ketika presenter dari  tim 1 ( Ningnurani)  mendapat penghargaan dan gift dari panitia penyelenggara sebagai " Presenter Terbaik". 

Hanya orang - orang yang tidak mau maju dan merubah diri menjadi lebih baik  yang selalu membuat seribu alasan untuk menghindari tanggung jawab yang telah di berikan. 


Terimakasih kepada :
1. Bp.  Ir.Bambang Irjanto, Rektor UP 45 
2. Ib. Dra.  Muslimah Zahro R.  Msi,  Dekan UP 45
3. Ib.  Dewi H. Warek II UP 45
4. Ib.  Arundati Shinta,  Pembimbing dan Dosen UP 45
5. Bp. Fx.  Wahyu W,  Pembimbing dan Dosen UP 45
6. Bapak dan Ibu Dosen UP 45 
7. Teman- teman Tim I dan 2 atas kerjasamanya


Menunggu kereta untuk ke Purwokerto


Belajar materi walau di dalam kereta api
 Tiba Di UMP

Presentasi paper


Mendapat penghargaan dan gift sebagai presenter terbaik

Bersama Ibu Warti Dosen Fak.  Psikologi UMP



Submit Paper ke Jurnal UMP

Selfie di depan landmark UMP setelah acara selesai









0 comments:

Post a Comment