27.4.18

Senergisitas pengelolan sampah


Senergisitas pengelolan sampah
Asep singgih wijanarko
16.310.410.1158

Psikologi

    Pengelolan sampah memang menjadi sesuatu hal yang sangat sulit diatasi terlebih jika tidak adanya keseriusan dan senergisitas antar intansi terkait serta kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah itu sendiri. 
Masalah inilah yang sedang dihadapi oleh Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) pyungan bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. TPST Piyungan yang telah penuh dan Volume melebihi muatan,  Pemda DIY diharapkan segera turun tangan untuk memberikan solusi atas masalah yang sedang di hadapi TPST piyungan tersebut.
                      
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  bantul,  Drs H Masharun Ghozalie, MM mengatakan "Pemkab Bantul sangat berharap Pemda DIY segera mengatasi permasalahan ini.  Kaitan TPST Piyungan,kami dari DLH Bantul tidak dapat berbuat banyak karna kewenangan pengelolaan TPST Piyungan merupakan kewenangan Pemda DIY. kunci masalah TPST piyungan ada di Pemda DIY tuturnya.  Sebenarnay sudah ada beberapa pengembang yang ingin menegelola dan mengatasi masalah yang ada di TPST piyungan. namun hiangga saat ini eksekisi pelaksanaan belum terlihat secara nyata.
    Diakui selama ini pengelolan sampah  di TPST Piyungan mang sudah dilakukan. Meski demikian pengelolaan tidak pernah tuntas untuk itu DLH mendesak agar pemda DIY segera turun tangan dan menetapakan lokasi lain sebagai tempat alternatif TPST piyungan mengingat TPST ini adalah tempat pembuangan terpusat Yogyakarta, Sleman dan bantul (Kartamantul) tegas Masharun. Selain itu iajuga berharap kepada Pemda DIY memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada masyarakat di sekitar lokasi TPST tidak mengembala ternak disekitaran pembuangan sampah terpusat agar ternak-twrnak twrsevut tidak memakan sampah-sampah di sekitar TPST piyungan. 
Sebagai solusi khusus buat warga bantul,pihaknya tengag berencana membuat TPST Khusus bagi warga bantul. Ada beverapa yang harilus di perhatikan dalam menentukan lokasi TPST diantaranya harga lahan, Kondivisitas Wilayah,Tingkat keamananwilayah serta Kondisi masyarakat sekitar. "Belum banyak orang mau dekat dengan kawasan TPST serta belum banyak orang yang mengerti bila sampah itu di klola dan di manfaatkan dengan baik dapat menghasilkan serta menguntungkan jelas mas harun. Pemkab bantul juga berencana membangun TPST middle di tingkat kecamatan TPST middle ini diharapkan hanya menjadi persinggahan sampah sementara Dan pengeloaan sampah dilakukan dengan pengelolaan sampah terpadu.
Pengelolaan sampah perlu jesadaran setiap lapisan entah itu instansi terkait, pengembang serta masyarakat. Kesadaran memilah-milah sampah dan mengelolanya secara benar dapat mengurangi dampak yang di timbulkan akibat terlalu banyaknya sampah yang dibuang. Inovasi pengelolaan sampah juga terus dilakukan agar setiap sampah tidak langsung di buang ke TPA tanpa adanya pengolahan dan pemilahan sampah. 
Judul: volume TPST piyungan sidah melebihi batas,  pemda DIY didesak segera memberikan solusi. 
Sumber :kedaulatan rakyar 24 april 2018
Penulis (Aje) -a


0 comments:

Post a Comment