16.4.18

RESENSI ARTIKEL :Rumah Warga Kalasan Longsor


Rumah Warga Kalasan Longsor
PENGARANG             : Septiana Abidin
SUMBER                    : Kedaulatan Rakyat
NIM                            : 16.310.410.1147
PENULIS                    : AWH
TANGGAL TERBIT    : Rabu 14 Februari 2018

            KALASAN ( KR ) – Rumah milik salah satu warga daerah Kalasan di daerah Sleman Yogyakarta yang terkena longsor mengakibatkan pagar belakang rumah dan dapur itu hancur tertimbun tanah dan pohon besar di belakang rumah nya. Informasi dari pemilik rumah menyebutkan longsor terjadi pada pukul 23.00 WIB. Saat itu disekitar lokasi turun hujan yang sangat deras dari pagi hingga malam yang tak kunjung usai membuat aliran air dari sungai dan pohon yang berakar besar berbahaya menyebabkan longsor. Ketinggian longsor mencapai lima meter dengan panjang 20 meter. Mendengar suara dentuman yang sangat keras ujar istri dari pemilik rumah yang terkena longsor. Ketika itu mereka sekeluarga sedang tidur.Saat menengok kebelakang,didapati ubin di dapur sudah naik sekitar setengah meter.
            Awal tahu 2018 adalah musim penghujan yang sangat extreme di Indonesia. Cuaca buruk yang kerap melanda daerah Indonesia mengakibatkan bermacam-macam bencana alam yang membahayakan masyarkata Indonesia. Tanah longsor yang terjadi di Yogyakarta ini hanya satu akibat dari berbagai bencana alam lainnya. Tanah longsor yang paling mempertihatinkan adalah tanah longsor di daerah Banjarnegara.
Hal Positif :  Dari kedaualatan rakyat ini semua warga Yogyakarta dapat waspada akan tanah longsor dan juga banjir yang akan melanda Yogyakarta karena cuaca yang sangat buruk.
Hal Negatif : Pemerintah Yogyakarta kurang sigap dalam memberikan informasi dari BMKG tentang waspada dan status pergerakan tanah di Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment