16.4.18

RESENSI ARTIKEL :7 Alat Berat Bersihkan Material Longsor


7 Alat Berat Bersihkan Material Longsor


PENGARANG             : Septiana Abidin
SUMBER                    : Kedaulatan Rakyat
NIM                            : 16.310.410.1147
PENULIS                    : MAD ERO
TANGGAL TERBIT    : Rabu 14 Februari 2018

            Banjarnegara ( KR) – Sebanyak 7 alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang memutus jalan provinsi penghubung antara Banjarnegara-Pekalongan. Alat berat tersebut dikerahkan karena jalan yang terputus membuat jalan provinsi tersebut tidak bisa digunakan selama 3 hari. Selain membersihkan material longsor,alat berat juga digunakan untuk menutup badan jalan yang ambles.Pergerakan tanah masih terus terjadi karena banyak aliran air dan timbul genangan diberbagai tempat.
            Pembersihan material longsoran dan pengerukan jalan ambles dilakukan,tetapi tanah masih tetap saja bergerak,namun perwakilan pemerintah banjarnegara mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini jalan sudah bisa dilalui kembali. Dengan adanya jalan yang ambles ini maka antrean kendaraan yang melintas terus memanjang dan di buka peraturan buka tutup jalan demi keamanan kendaraan yang melintas. Bahkan jalan kearah Kebumen sama sekali tidsak bisa dilalu karena longsor yang sangat parah.

Hal positif : Pemerintah Banjarnegara sangat tanggap sekali dengan adanya peristiwa tanah longsor ini dan mengambil langkah untuk mengarahakan alat berat upaya mengatasi masalah lalu lintas.
Hal negative : Tanah longsor yang melanda Banjarnegara ini adalah peristiwa yang rutin terjadi disetiap musim hujan karena daerah ini adalah daerah pegunungan. Warga sekitar kurang tanggap untuk bergerak membersihkan pohon-pohon yang tumbang.


0 comments:

Post a Comment